8 Strategi Digital Marketing 2019 Yang Harus Kamu Terapkan di Perusahaan Maupun Startup

Digital Marketing atau pemasaran digital saat ini menjadi salah satu alternatif bagi banyak pelaku usaha untuk mendapatkan Growth. Namun, bagi mereka yang mendapatkan pertumbuhan yang baik, tentunya telah memahami jalur-jalur maupun strategi digital marketing yang cocok bagi perusahaan mereka untuk diterapkan.

Sayangnya, Bagi banyak pelaku usaha yang bahkan baru terjun ke dunia pemasaran digital, mereka masih binggung untuk memulai atau bahkan tidak menemukan channel yang tepat untuk pemasaran digital mereka. Perlu kamu ketahui, jika tidak semua channel digital marketing yang cocok untuk kamu terapkan di perusahaanmu. Oleh karena itu, kamu harus jeli melihatnya.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini beberapa channel digital marketing yang mungkin tepat untuk kamu terapkan di perusahaan kamu.

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO memang sering sekali dipandang sebelah mata. Banyak pengusaha yang mengabaikan ini dan akhirnya, ia hanya terus mengeluarkan budget secara terus menerus ke hal yang kurang efektif. Padahal, SEO sejatinya merupakan senjata ampuh yang jangka panjang dan akan terus mendatangkan sales untuk anda jika di atur sebaik mungkin.

serp - 8 Strategi Digital Marketing 2019 Yang Harus Kamu Terapkan di Perusahaan Maupun Startup
Contoh SERP (Serach Engine Result Page)

Dalam beberapa kasus, Penulis pernah mengoptimasi kata kunci untuk “Durian Medan” dan beberapa kata kunci terunan yang mengikuti kata kunci utama diatas.

Waktu itu, kami telah teken kontrak selama tiga tahun. Setelah tiga tahun kemudian, si owner perusahaan meninggal dan bisnis tersebut di teruskan oleh istrinya.

Karena kurang pemahaman tentang pemasaran digital, sang istri memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak yang telah kami buat dengan suaminya.

Alhasil..

Setahun pertama, website tersebut terus berada di peringkat pertama Google. Namun, karena tidak terurus dan beberapa kali algoritma Google melakukan update, website terus pun turun ke halaman 2.

Disini, Istri dari pemilik bisnis tersebut “Sudah mulai kehilangan sebagian omzetnya” yang selama ini, yang tidak ia sadari datang dari penelusuran organik atau SEO yang kami kelolah.

Akhirnya, di tahun kedua setelah putus kontrak, ia datang menemui saya dan kembali melakukan kontrak untuk jangka tiga tahun.

Intinya..

Dari pengalaman diatas bahkan, SEO memang merupakan pemasaran yang paling efektif untuk jangka panjang yang minim biaya. Setahun terakhir setelah iya putus kontrak, iya bahkan masih mendapatkan hasil dari SEO jangka panjang yang kami kelolah.

Lalu, Apa Itu SEO?

Penjelasan singkatnya, SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan oleh webmaster atau owner website untuk mengoptimalkan websitenya agar berada di urutan teratas google. Pembahasan lebih lengkap, silahkan baca Apa Itu SEO.

2. Email Marketing

Tidak dapat di pungkiri, email marketing merupakan cara pemasaran yang sangat tua. dan bahkan, laporan dari DMA, Email marketing memiliki tingkat ROI yang sangat tinggi hingga 122 persen. wah, perusahaan mana sih yang ga mau dengan ROI setinggi itu?

Di The Next Marketers, Kami juga membuat Email Berlangganan. Salah satu cara kami untuk mengingatkan anda yang berlangganan di situs ini agar anda mengetahui bahwa ada artikel baru yang telah kami terbitkan.

email berlangganan tnm - 8 Strategi Digital Marketing 2019 Yang Harus Kamu Terapkan di Perusahaan Maupun Startup
Notifikasi email berlangganan di TNM

Email belangganan yang kami buat memang masih sangat sederhana. Mengingat, kami hanya melakukannya untuk notifikasi artikel, bukan produk. Ini juga gratis yang bisa kamu terapkan di situs kamu.

Tentunya jika kamu ingin menggunakan email marketing yang lebih baik, kamu bisa menggunakan fitur yang berbayar. Apa saja? Nah, silahkan baca lengkapnya disini. 3 Cara Membangun Database Email Dengan Mudah Untuk Email Marketing

Pengalaman kami menggunakan email marketing gratisan yang, setidaknya ada sekitar 45 persen orang yang berlangganan email di TNM yang kembali dan mengklik tautan link yang kami kirimkan melalui email. Ini artinya, Running visitor kami melalui email marketing cukup stabil dan terus terjaga.

3. Social Media Marketing

Sosial media menjadi salah satu platform yang paling ampuh untuk pemasaran digital. 89 persen marketer mengatakan bahwa media sosial turut membantu mendongkrak popularitas perusahaan mereka. Kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti;

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • DLL

Facebook, Instagram maupun Twitter menjadi tempat yang paling diminati oleh perusahaan-perusahaan untuk melakukan pemasaran. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk sosial media. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Teknik Viral yang akan sangat cepat berkembang di facebook.

coca cola ad example - 8 Strategi Digital Marketing 2019 Yang Harus Kamu Terapkan di Perusahaan Maupun Startup
Contoh Ads Coca Cola di Facebook

Coca Cola menjadi top brand yang paling efektif melakukan strategi sosial media. Melalui campaing yang sangat akteraktif, Coca cola berhasil menjadi yang terdepan di sosial media.

Walau..

Coca Cola sendiri merupakan brand yang sangat besar dan tentunya sama sekali tidak terkendala soal dana yang mereka gunakan.

Bagaimana dengan pemula yang irit biaya?

Kamu bisa memanfaatkan teknik viral juga. Dengan memanfaatkan teknik viral, sejatinya kamu akan menekan budget sosial media marketing.

Nah, sebelumnya penulis juga pernah membahas bagaimana membuat tulisan viral berdasarkan pengalaman pribadi. Baca: Panduan Lengkap Cara Menulis Artikel Viral Tanpa Iklan [Studi Kasus]

Di Instagram maupun di Twitter, kamu bisa melakukan optimasi untuk setiap postingan kamu dengan menggunakan hashtag yang populer, untuk itu kamu harus belajar bagaimana mencari hashtag yang populer di kedua sosial media itu. Baca: Tools Riset Hashtag Instagram.

4. Google Adwords

Jika sebelumnya kita telah membahas SEO, Nah, Google Adwords adalah “SEO tercepat”. Kenapa? karena dengan Google Adwords, website bisnis kamu bisa langsung berada di halaman depan Google. Tapi yang jelas, ini berbayar ya hehe.

Google Adwords sejatinya merupakan Pay Per Click Marketing. Dengan cara ini, kamu dapat mendapatkan visitor yang potensial sesuai dengan bisnis kamu ke website kamu. Namun sekali lagi, banyaknya kunjungan tentu dibarengin dengan budget yang harus kamu sediakan.

Lihat contohnya dibawah.

strategi digital marketing ilustrasi 2 - 8 Strategi Digital Marketing 2019 Yang Harus Kamu Terapkan di Perusahaan Maupun Startup
Contoh Google Adwords

Nah diatas merupakan salah satu contoh website yang menggunakan Google Adwords. Semakin tinggi posisi yang kamu inginkan, maka semakin tinggi pula biayanya.

Jika biaya kamu habis, maka sekali lagi, website kamu juga akan hilang dari hasil pencarian berbayar.

Bagaimana saya memulainya?

Pada postingan selanjutnya, kita akan membahas bagaimana memulai menggunakan Google Adwords untuk bisnis. Namun, jika kamu tidak ingin repot mengurusinya, Kamu bisa menggunakan Agency Digital yang berpengalaman di Google Adwords.

Satu hal yang perlu diingat adalah PPC ini dapat menghabiskan biaya dalam waktu sekejap, itu sebabnya diperlukan pengetahuan dan tujuan yang spesifik dalam setiap penggunaan PPC marketing.

5. Facebook & Instagram Ads

Sistem Facebook dan Instagram Ads sejatinya sama dengan Google Adwords. Yaitu Pay Per Click (PPC). Namun, kedua platform ini menjadi tempat yang sangat diminati oleh banyak pebisnis di Indonesia.

Di Facebook, kamu bisa mengatur audience kamu sesuai dengan bisnis kamu, kota, umur, jenis kelamin, minat atau apa saja yang kamu butuhkan.

Kamu juga bisa memasang Facebook Pixel untuk memonitoring dan melakukan retargeting marketing untuk setiap campaing yang kamu buat di sosial media tersebut.

Biaya Yang Masih Murah..

Beberapa teman di agency periklanan baik di dalam dan luar negeri memprediksi bahkan, Dimasa depan biaya iklan facebook tidak akan semurah sekarang. Walau tidak ada pernyataan resmi dari Facebook saat ini.

Jutaan pebisnis di Indonesia menggunakan Facebook maupun Instagram Ads untuk bisnis mereka. Ini membuktikan bahwa Facebook dan Instagram adalah tempat terbaik untuk mendapatkan sales maupun branding perusahaan kamu.

6. Influencer marketing

Influencer Marketing merupakan salah satu cara yang paling cepat untuk menaikkan popularitas bisnis atau pun perusahaan kamu. Bahkan, menurut laporan lebih dari 80 persen pemasaran memasukkan teknik marketing yang satu ini kedalam rencana tahunan mereka.

im gisel - 8 Strategi Digital Marketing 2019 Yang Harus Kamu Terapkan di Perusahaan Maupun Startup
Contoh Influencer marketing dari @mamasukaindonesia di akun ig @gisel_la

Keuntungan dari influencer marketing ini adalah:

  • Hal baru di dunia pemasaran.
  • Mudah untuk diterapkan.
  • Word of mouth merupakan strategi yang ampuh untuk meningkatkan growth.

Namun perlu kamu ketahui, semakin tinggi popularitas seseorang yang kamu target untuk strategi marketing ini, semakin tinggi pula biaya yang akan kamu keluarkan. Ini merupakan strategi digital marketing yang biasa digunakan yang cukup efektif.

7. Content Marketing

Content Marketing adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk digital marketing plan yang harus kamu lakukan. Biaya yang sangat ekonomis juga dampak yang akan kamu dapatkan cukup membuat Content Marketing menjadi hal yang wajib untuk kamu lakukan bagi startup maupun perusahaan kamu.

Content Marketing dipilih karena kamu dapat membuat content yang berbeda-beda kepada audience kamu. seperti audience dibawah ini.

  • Cold audience – yaitu audiens yang belum mengenal brand kamu tetapi mempunyai permasalahan yang sama.
  • Warm audience – yaitu audiens yang sudah mengenal brand kamu tetapi belum memutuskan untuk menggunakan layananmu.
  • Hot audience – yaitu audiens yang sudah dalam tahap memutuskan untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Dengan mengetahui audience tersebut, kamu bisa menyalurkan konten-konten yang bermanfaat untuk mereka. setidaknya, memecahkan masalah yang mereka hadapi.

Content juga sangat baik untuk SEO. Membangun Kredibilitas usaha kamu, bertahan lama dan tentunya minim biaya yang akan kamu keluarkan.

Kamu bisa belajar Content Marketing disini..

8. Retargeting Ads

Pernahkan kamu mengunjungi satu website yang menjual produk, membacanya namun tidak jadi membelinya karena alasan tertentu. Beberapa hari kemudia, kamu masuk ke facebook dan kembali melihat iklan produk tersebut di beranda facebook kamu.

Nah, inilah yang dinamakan Retargeting Ads.

Retargeting ads adalah memberikan iklan yang relevan dengan audiens kamu kepada orang-orang yang sebelumnya sudah mengunjungi situsmu. Ketika calon pelanggan mengunjungi situsmu (yang sudah ditanamkan Facebook Pixel code atau Google Analytics code), maka mereka secara tidak langsung sudah ditanamkan cookies.

Beberapa kasus, kamu perlu menyakinkan calon pembelimu dua kali. Disinilah retargeting ads berperan penting untuk menjangkau mereka.

Bagaimana cara kamu untuk menjangkau calon pembeli potensial yang tadinya akan membeli produkmu namun tidak jadi. Selanjutnya, kita akan membahas bagaimana memasang Facebook Pixel di situs kamu.

Nah, sebagai penutup, itulah beberapa strategi digital marketing yang harus kamu terapkan di 2019 ini sebagai rencana marketing tahunan. Kamu bisa membuat list materi digital marketing ini untuk perusahaanmu.

Leave a Comment