5 Tips Mengoptimalkan SEO di Sales Page, Dijamin Banjir Order!

Sales Page atau terjemahan awam nya merupakan sebuah satu halaman khusus untuk memperkenalkan sebuah produk sekaligus menjadi tempat transaksi. Biasanya disertai dengan testimoni, penjelasan produk, alasan membeli produk tersebut, harga, dan melakukan pembelian. Semuanya terjadi pada satu halaman.

Ribet ya? pejelasan gue hahahaha. Tapi ya itulah, Pokok dari tulisan ini kembali lagi bagaimana cara memaksimalkannya.

Banyak para pemilik Sales Page yang hanya memanfaatkan sosial media atau PPC seperti Adwords, Facebook atau Instagram Ads untuk mendongkrak penjualan mereka. Padahal, sejatinya search engine Google sendiri bisa memberikan sales secara cuma-cuma bagi kita.

Itu pun, jika dimanfaatkan dan dioptimalkan dengan baik ya..

Okedeh, tanpa berbelit-belit lagi, bagi kamu yang memiliki sales page, kamu bisa mencoba mengoptimalkan penjualannya dengan SEO. berikut ini tips nya.

1. Optimalkan On Page SEO

Dalam seminggu terakhir, saya sengaja melakukan riset untuk membuat artikel ini. dari 30 website sales page yang saya jumpai, hanya 7 diantaranya yang boleh saya katakan memiliki SEO yang baik. Baik itu dari segi SEO On Page maupun Off Page nya.

Dari ke 7 website tersebut, cukup banyak kata kunci yang berhasil tampil di halaman 1. Baik dengan kata kunci utama maupun turunan (long tail keyword).

Ini artinya..

Ada 23 website lagi yang hanya mengandalkan sosial media atau bahkan tidak acuh atau tidak mengerti untuk mengoptimalkan SEO bagi bisnisnya sendiri.

Oh ya, sekedar diketahui, 30 website tersebut sengaja saya sasar adalah produk fisik. yang artinya produk nyata, bukan produk digital.

Diantara 23 website tersebut, beberapa diantaranya mengabaikan On Page SEO. Seperti pemilihan title, deskripsi maupun kata kunci yang baik dan potensial bagi masing-masing bisnisnya.

Jika kamu menggunakan WordPress untuk Landing Page/Sales Page kamu, kamu bisa menggunakan plugins All In One SEO Pack atau Yoast SEO untuk membuat hal dasar ini.

Baca Panduannya : Cara Setting All In One SEO Pack Di WordPress

Jika kamu belum mengetahui apa itu SEO On Page dan faktor-faktor penting dalam On Page SEO, Silahkan baca artikel kami sebelumnya.

2. Riset Kata Kunci Yang Potensial

Dari studi kasus 30 website sales page diatas, Boleh kita katakan sekitar 50% diantaranya melakukan ini. Namun, Hanya 7 website yang melakukannya dengan benar. 50% diantaranya, sama sekali mengabaikan bagian ini. Padahal, Riset kata kunci membuat tingkat persainganmu lebih terarah serta pekerjaan yang kamu lakukan akan semakin mudah.

Jika kamu tidak mengetahui bagaimana cara Riset Keyword, silahkan baca Panduan Riset Keyword atau Tools Riset Keyword untuk melakukannya.

Tips..

Jika kamu pemain baru dalam hal SEO, sebaiknya hindari mengejar kata kunci yang “Padat” atau “Batu”. Kedua istilah ini adalah untuk kata kunci atau keyword yang memiliki tingkat persaingan yang berat.

Sebaiknya, gunakanlah Long tail keyword atau kata kunci turunan.

Misalnya..

Kamu memiliki produk Obat Maag. Nah, kata kunci 2 frase kata itu tingkat persaingannya cukup berat di Google. Sebaiknya, Gunakan atau carilah kata kunci turunan sepert Obat Maag Herbal, Jual Obat Maag, Obat Maag di Jakarta, Toko Obat Maag atau yang lainnya. Untuk lebih detailnya, kamu bisa menggunakan tools riset keyword seperti Keyword Planner dari Google untuk mengetahui tingkat kompetitornya.

Dengan demikian, kamu tidak perlu bersaing dengan situs-situs besar atau yang memiliki budget cukup untuk memperkerjakan profesional seo spesialis yang pastinya bakal berat untuk kamu saingin.

Masih banyak kata kunci turunan yang lebih potensial untuk kamu manfaatkan.

3. Optimalkan SEO Off Page

Setelah website kamu benar-benar jadi, lakukan pengoptimalan Off Page SEO. Baik itu dari segi Backlink, Review, atau sosial media. dengan demikian, kata kunci turunan yang kamu riset tadi akan naik seiring berjalannya waktu.

Baca: Apa Itu SEO On Page

Sekedar tips..

Lakukan backlink senatural mungkin agar kamu bisa mendapatkan hasil yang jangka panjang. Jangan sesekali melakukan over backlink yang menurut kamu “agar cepat naik” yang justru akan membahayakan websitemu sendiri.

Kamu bisa mencari website sejenis untuk kamu tinggalkan backlink agar lebih natural. Atau memesan slot artikel agar website/produk mu di review. Penting! Gunakan website sejenis agar kualitas link benar-benar baik atau setidaknya lakukan se natural mungkin.

Kamu bisa memanfaatkan Google Bisnisku untuk membuat Local SEO semakin baik. Silahkan Baca: Panduan Lengkap Membuat Google Bisnisku.

4. Optimalkan Sales Page

Namanya juga sales page, target page kita untuk terjadi penjualan sebagian besarnya hanya ada pada home page. Oleh karena itu, optimalkanlah sebisa mungkin. Baik itu conten untuk membuat pembeli melakukan transaksi maupun penempatan kata kunci yang sudah di riset tadi.

Usahakan komposisi kata kunci/keyword yang masuk ke sales page kamu terdapat keyword utama atau pun keyword turunan. Hal ini tentunya lebih menguntungkanmu di search engine.

Usahakan dalam memasukkan kata kunci, lakukan senatural mungkin. Agar tingkat relevannya tidak berkurang. Kamu bisa Belajar Conten Marketing untuk mengoptimalkannya.

Sekedar tips..

Usahakan membuat konten di home page atau conten marketing mu di sales page selengkap mungkin, Namun tidak pula menjadi “garing” atau justru membuat sales page tersebut lambat untuk dimuat oleh orang yang mengakses.

Dari contoh kasus 30 website diatas, Beberapa diantaranya membuat konten sales page mereka menjadi “garing”. terlalu banyak embel-embel yang akhirnya membuat nilai produk tersebut berkurang dan justru memperberat loading website mereka sendiri.

Setidaknya ada 9 website yang saya cek melalui GT Metrix yang waktu loadingnya mencapai 8 detik! Kelamaan bukan?

Padahal, waktu yang direkomendasikan oleh Google untuk meload suatu halaman adalah 3-5 detik. Jika terlalu lama, kemungkinan besar user akan close tab atau menutup halaman website kamu. Rugi? pasti!

5. Lakukan Re-Publish Halaman Sales

Percaya atau enggak, ini salah satu trik lama para pemain SEO. Intinya, dengan melakukan “Re-Publish”, seolah-olah konten/url yang kamu lakukan re-publish akan terlihat fresh di mata robot Google sehingga melakukan pengindexan ulang dengan berbagai aspek penilian robot google.

Sampai saat ini, cara kuno ini masih selalu saya lakukan baik untuk website klien maupun website sendiri. Beberapa artikel di website The Next Marketers ini juga sering saya lakukan re-publish agar kembali naik peringkatnya hehe.

Contoh kasus..

republish - 5 Tips Mengoptimalkan SEO di Sales Page, Dijamin Banjir Order!
Re-Publish Artikel

Perhatikan tanggal posting pada artikel tersebut yang saya tandai. Sejatinya, saya menulis artikel tersebut bukan tanggal 12 juni 2019. Tapi berkisar bulan Februari atau Maret 2019.

Lalu saya melakukan re-publish untuk mendapatkan pengindex-an yang baru agar terlihat lebih fresh. Hingga sampai saat ini, artikel tersebut belum bergeser dari posisi 1 di Google.

Menarik bukan? 😉

Pada dasarnya, semua CMS website bisa melakukan cara ini, namun berdasarkan pengalaman, CMS WordPress lebih mudah melakukannya dan lebih cepat prosesnya.

Nah itulah tips untuk mengoptimalkan sales page atau halaman landing produk kamu. Semoga membantu.

Loading...

Leave a Comment