Cara Mengatasi Remove Query Strings From Static di WordPress

Query Strings pada dasarnya merupakan sebuah file yang terkadang jumlahnya cukup banyak. Tergantung pemakaian plugins atau themes yang kamu gunakan di wordpress. Umumnya, File ini tidak dapat di cache sehingga sudah pasti akan mempengaruhi kinerja pada situs anda. Terutama kecepatan loading sebuah website.

File ini umumnya ditandai dengan ?ver=. atau sebagai contoh wp-content/themes/css/style.css?ver=3.4.5. atau lainnya. Beberapa developer wordpress baik themes mau pun plugins telah bekerja keras untuk mengoptimalkan sebuah file yang mereka buat, Namun Query Strings tetap akan mempengaruhinya. Terlebih lagi patokan optimasi anda adalah GT Metrix.

query string contents 600x39 - Cara Mengatasi Remove Query Strings From Static di WordPress
query string

Bagaimana Cara Menghilangkan Query Strings?

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba terapkan untuk Remove Query Strings From Static di WordPress. Baik dengan menambahkan kode tertentu maupun dengan bantuan plugins wordpress. Baiklah, berikut ini cara-caranya.

Cara Pertama

    • Buka menu Appearance >> Themes Editor
    • Cari File function.php lalu edit
    • Tambahkan kode dibawah ini di file ffunction.php
      function remove_query_ver( $src ){
      	$parts = explode( '?ver', $src );
              return $parts[0];
      }
      add_filter( 'script_loader_src', 'remove_query_ver', 15, 1 ); 
      add_filter( 'style_loader_src', 'remove_query_ver', 15, 1 );
      
    • Lalu Save

Cara Kedua

Jika kamu menggunakan plugins premium WP Rocket, Kamu bisa menggunakan plugins ini untuk mengatasi masalah query strings ini. berikut ini caranya.

  • Masuk ke bagian Setting >> WP Rocket
  • Lalu di bagian File Optimazation, Centang Remove query strings from static resources.

    screencapture thenextmarketers wp admin options general php 2019 06 26 15 30 36 - Cara Mengatasi Remove Query Strings From Static di WordPress
    Remove query strings from static resources.

  • Lalu Save.

Nah, lalu silahkan coba kembali cek ke GT Metrix atau pingdom. Apakah speed optimazationmu sudah naik atau belum. kamu bisa cek query stringsnya juga, apakah sudah teratasi atau belum. Selamat mencoba.

 

Loading...

Leave a Comment