Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes WordPress AMP)

Pernah dengar kata AMP? atau mungkin sering search di google melalui perangkat smartphone kamu melihat tulisan AMP di hasil search?. Ya, Jika demikian, artinya website tersebut sudah mendukung AMP (Accelerated Mobile Pages). Namun sayangnya, banyak para website owner atau development yang mengabaikan penggunaan AMP untuk situs mereka. Padahal, fakta dan data menunjukkan, Penggunaan AMP pada situs anda dapat membuat peningkatan signifikan. Baik itu monetisasi, bounce rate, tingkat kepuasaan pengguna dan banyak lagi.

Ditahap Ini, diharapkan kamu telah bisa:

  • Mengerti apa itu AMP serta kegunaannya bagi website
  • Menginstall plugins wordpress khusus AMP
  • Melakukan settingan yang benar di plugins AMP di WordPress admin

Apa itu AMP?

AMP kepanjangan Accelerated Mobile Pages merupakan sebuah program Google untuk membuat inisiatif sumber terbuka yang bertujuan untuk membuat web lebih baik bagi semua kalangan. Proyek ini memungkinkan pembuatan situs dan iklan dengan performa tinggi, cepat, dan konsisten di berbagai perangkat dan platform distribusi.

Arti sempit AMP adalah program open source Google untuk membuat semua situs website lebih ringan dengan loading yang jauh lebih cepat di perangkat mobile pengguna.

Tonton Video: Penjelasan Lengkap Resmi Google Untuk Project AMP (B. Indonesia)

Pengguna Lebih Menyukai Website Yang Fast Loading

Bukan cuma pendapat Google, Pendapat tentang pengguna jauh lebih menyukai website yang ringan dibuka di perangkat mobile akan jauh lebih disukai. Apa lagi, saat ini era mobile. Dimana para pengguna mobile bisa jauh lebih besar dari pada versi dekstop.

amp - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

Pengguna lebih suka situs mobile yang cepat.

Banyak riset yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar tentang hal ini. Salah satunya skema yang dibuat oleh Google pada foto diatas. Lebih dari 50% pengunjung situs mobile anda pergi jika waktu memuat (loading) lebih dari 3 detik. Namun pada faktana, Lebih dari 75% situs mobile membutuhkan lebih dari 10 detik untuk dimuat (secara keseluruhan). Sedangkan untuk proses monesiasi, Pendapatan anda dari iklan akan naik 2-3x lipat jika situs mobile termuat dibawah 5 detik.

Project Open Source

Perlu anda ketahui, Project ini bersifat open source. Artinya anda bebas menggunakannya. Apa lagi, anda merupakan seorang devlopment yang handal, anda bisa membangun website dengan dukungan AMP. Dibangun dengan tiga komponen utama, AMP HTML, AMP JS & AMP Cache.

Bagaimana Membuat AMP di Website WordPress?

Jika kamu menggunakan website dengan menggunakan cms WordPress, Untuk membuat AMP tersedia, kamu tinggal menggunakan beberapa plugins yang tersedia gratis. Ada banyak plugins wordpress untuk AMP yang tersedia. Kamu hanya perlu jeli untuk mencari.

Salah satu rekomendasi The Next Marketers, adalah plugins yang dibuat oleh Ahmed Kaludi dan Mohammed Kaludi. Banyak fitur yang tersedia gratis buatan mereka. Juga pengaturan yang sederhana dan mendukung tiga skin desain yang dinilai sangat bagus. Silahkan ikuti tutorial dibawah ini untuk memasang AMP di situs wordpress anda.

  • Instal dan aktifkan plugins AMP for WP – Accelerated Mobile Pages seperti biasa di dashboard anda.
  • Setelah itu masuk ke pengaturan pluginsnya. Lihat gambar dibawah.

    pengaturan amp - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

    AMP Setting

  • Lalukan general setting sesuai panduan. Anda bisa upload logo untuk situs AMP, costum size logo dan settingan post & pages AMP.

    general setting - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

    general setting

  • Setelah itu, masuk ke homepage setting. Ikuti petunjuk seperti gambar dibawah.

    homepage setting - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

    homepage setting

  • Lanjutkan ke bagian AMP desain. Disini, anda bisa memilih 3 skin desain sesuai dengan keinginan kamu. Sebagai referensi, Website ini menggunakan desain nomor 3. Anda juga bisa mendesain secara langsung dengan cara klik Launch Post Builder.

    amp design - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

    amp design

  • Launch Post Builder bertujuan untuk mengatur single post website anda. Seperti meta info, feature images, tag, releated post, konten, dan lain sebagainya.
  • Lanjutkan dengan pergi ke Single. Disini kamu bisa mengatur fitur-fitur apa saja yang nantinya akan muncul di single post website anda.

    singlepost amp - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

    singlepost amp

  • Selanjutnya untuk mengatur Advertisement di situs anda. Silahkan isi sesuai dengan akun Google Adsense anda. Seperti ca-pub GA anda dan data AD Slot yang akan tayang di situs anda nantinya.

    Advertisement amp - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

    Advertisement amp

  • Selanjutnya dibagian menu, anda tinggal mengatur menu untuk AMP. atau jika anda menginginkan menu yang sama, anda tinggal lakukan editing di menu setting seperti gambar dibawah ini.

    menu setting - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

    menu setting

  • Dibagian sosial, silahkan masukkan url semua sosial media anda. seperti facebook, twitter, gplus dan lainnya. Namun dibagian Facebook App ID, silahkan isi jika anda ingin menyematkan komentar melalui facebook disitus AMP anda. Namun jika anda tidak ingin membuat komentar facebook, silahkan kosongkan kolom tersebut.

    sosial amp - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

    sosial amp

  • Dibagian SEO setting, Kamu bisa setting sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu menggunakan Yoast SEO, kamu tinggal perlu on-kan settinggan Yoast ke settingan AMP yang kamu gunkana.

    seo setting amp - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

    seo setting amp

  • Dibagian Analytics, masukkan kode pelacakan google Analytics anda, lalu save.

    analisa - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

    Analytics amp

  • Silahkan lanjutkan settingan selanjutnya jika kamu rasa perlu. Seperti struktur data, kontak from AMP, notifikasi cokkie AMP, Comment, dan facebook instant artikel.
  • Selesai.

Sekarang kamu sudah memiliki situs wordpress dengan AMP. Silahkan coba mengakses laman website kamu menggunakan perangkat mobile dan lihat hasilnya. Lakukan analisa jika diperlukan fitur-fitur mana yang akan kamu tambah atau kurangin.

valid amp - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

Valid AMP

Lakukan juga trial & eror di Google Analytics anda untuk mengetaui sejauh mana peforma situs AMP anda. apakah membawa dampak yang signifikan atau sebaliknya. Untuk pada devlopment, Silahkan baca dokumentasi lengkap untuk memulai AMP pada situs anda.

Case Study.

Beberapa situs-situs besar di Indonesia telah menggunakan AMP untuk situs mereka. Seperti Liputan6, tribunnews, bola.com, juga, Thenextmarketers.com juga menggunakan AMP untuk situs ini. Bagaimana hasilnya? lihat gambar dibawah ini.

tnm amp - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

TMN AMP

Untuk melihat hasil sendiri, Silahkan coba membuat postingan baru di situs anda. Lalu publish. Jika sudah terindex di Google, silahkan cek postingan tersebut. Jika hasil di smartphone kamu sama dengan gambar dibawah ini, berarti AMP di situs kamu telah bekerja dengan baik.

amp serp - Apa Itu AMP? (Pengertian & Step by Step Membuat Themes Wordpress AMP)

AMP di Search Engine Result Page

Gambar diatas merupakan case study oleh website WordPress.com yang diakses menggunakan perangkat mobile di search engine. Baca juga instruksi resmi di Blog Google untuk AMP. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *