Mencari Niche Blog: 5 Langkah Mudah Cara Menentukan Niche Untuk Blogger Pemula

Menentukan niche blog untuk kalangan pemula pada dasarnya merupakan hal yang tidak terlalu sulit. Terkadang seseorang memaksakan kehendaknya atau ikut-ikutan dalam menentukan sebuah niche blog. Maka tak heran jika banyak blogger yang gagal dalam membangun pundi-pundi dolar dari situs blogger miliknya.

Menentukan niche blog yang paling mudah adalah dengan minat & keahlian sendiri. Click To Tweet

Dibeberapa kasus, banyak blogger pemula yang sibuk mencari-cari niche apa yang tepat untuk blognya. Sering sekali mereka bahkan mengulang dan mengulang membuat blog agar mendapatkan niche yang tepat untuk mereka lanjutkan.

Padahal, jawabannya sangatlah sederhana dan menentukan niche blog dengan mudah tersebut ada dalam diri kita sendiri.

Lantas, bagaimana menentukan niche sebuah blog? Berikut ini tips menentukan niche blog untuk blogger pemula.

1. Tentukan tipe blog

Pada tahap ini, sering sekali seseorang salah dalam menentukannya. Ia bahkan tidak tau menentukan tipe blog yang ia miliki. Apakah blog tersebut ditujukan untuk blog bisnis, blog personal, atau blog untuk mencari uang tambahan dengan menjadi blogger fulltime.

Pastikan kamu benar dalam menentukan. Jangan sesekali mencampur aduk blog untuk bisnis, pribadi atau blog untuk mendapatkan earning dari beberapa iklan seperti PPC, PPA, Banner dan lain sebagainya.

Apa Bedanya?

Jelas Beda. Jika kamu mencampur aduk blog untuk earning dengan blog personal, maka ini akan mengurangi nilai profesionalmu dalam hal blogging. Bayangkan, Jika hari ini kamu membuat artikel tentang tutorial atau review semua produk, Keesokan harinya kamu membuat artikel tentang kegiatanmu minggu lalu. Apa pendapat pembacamu tentang hal ini?

Berdasarkan studi kasus, Hal ini masih terjadi disebagian besar blogger pemula. Kurangnya konsisten dalam blogging membuat mereka putus di tengah jalan.

2. Sesuaikan dengan keahlianmu

Menentukan Niche apa yang akan kamu pakai pada blogmu adalah dengan mengikuti keahlianmu. Dengan demikian, kamu tidak akan binggung untuk mengisi konten dalam blog mu.

Jangan sesekali membuat niche blog yang bukan keahlianmu. Apa lagi kamu adalah seorang pemula dalam hal blogging. Ini akan menyulitkanmu untuk mengisi konten di blog setiap harinya.

Bayangkan. Jika kamu mahir dalam akutansi, dan kamu bahkan tidak paham apa itu akutansi. lantas, konten apa yang akan kamu isi di dalam blogmu? Hal ini lah yang sering terjadi sehingga mendorong pada blogger pemula untuk membuat konten yang “miskin”.

3. Jangan Ikut-ikutan

Jangan pernah menentukan niche blogmu dengan cara ikut-ikutan mereka yang sudah sukses. Hal ini pasti akan menjerumuskanmu. Hanya 1 dari 100 orang yang sudah mahir akan mau memberikan ilmunya secara cuma-cuma kepada orang lain.

Blogger yang sukses tersebut sudah menjalani trial dan eror. Investasi uang dan waktu agar ia berhasil di suatu bidang yang ia tekuni.

Sebelum membuat blog, pastikan kamu membuat email terlebih dahulu.

Mengikuti yang sukses boleh, namun jangan pernah sampai terlena akan kesuksesannya. Yang bisa kamu petik dari kesuksesan orang adalah niat dan gigihnya orang tersebut hingga sukses di dunia blogging. Belum tentu jika kamu mengikuti segala triknya kamu juga akan sukses.

4. Menentukan niche dengan melihat trend

Ini dianjurkan bagi mereka yang setidaknya telah memiliki pengalaman dalam dunia blogging. Kamu bisa dengan mudah menentukan satu niche blog kamu dengan melihat trend yang sedang berkembang. Topik-topik yang hangat di bicarakan akan mendapatkan keuntungan tersendiri jika kamu berhasil membuatnya.

Namun perlu kamu ketahui. Biasanya untuk niche yang sedang trend mudah untuk hilang. Karena sifatnya yang sementara. Mungkin dilain waktu ia bahkan tidak sama sekali dibahas di internet.

Pada dasarnya cara ini lebih cocok untuk situs-situs berita. Memanfaatkan topik yang sedang trend untuk di kolah menjadi sumber trafik yang berimpah.

trend 2017 - Mencari Niche Blog: 5 Langkah Mudah Cara Menentukan Niche Untuk Blogger Pemula
Pengumuman Google Year in Search 2017 di Jakarta

Kamu bisa memanfaatkan Google Trends untuk mendapatkan niche yang populer di google. Baca disini untuk melihat trending topik tahun lalu di google indonesia.

5. Gunakan Niche ‘Abadi’

Apa yang dimaksud niche ‘Abadi’. Ya, niche ini sangat disukai oleh para pemburu dolar. Mereka memanfaatkan niche ini untuk earning dan mendapatkan pundi-pundi rupiah dari trafiknya.

Niche Abadi adalah Niche yang tidak akan mati oleh. Seiring berjalannya waktu, niche ini tetap di cari oleh orang di internet. Apa lagi, dengan memanfaatkan keyword yang abadi, bisa dipastikan trafik organik di situs ini bisa melimpah jika si pemilik blog rajin mengupdate kontennya.

Apa contohnya?

Salah satu contoh dari niche abadi adalah “How To”. Tips atau cara tetap akan dicari oleh orang lain di internet sampai kapan pun. Istilah gaulnya “Enggak akan mati”. Berbeda hal dengan memanfaatkan topik-topik yang sedang trending yang bakal mati seiring berjalannya waktu.

Menentukan niche blog pada dasarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Tinggal bagaimana kamu jeli dalam menentukan niche situs tersebut.

Leave a Comment