5 Tips Mengoptimalkan Lokal Digital Marketing Bisnismu

Apa yang dimaksud dengan Lokal Digital Marketing? Sebutan ini sejatinya familiar dengan tim kami untuk klien yang ingin mengoptimalkan sebuah bisnis di digital marketing dengan target pasar kota tertentu atau kota asal bisnis tersebut.

Contoh..

Si A memiliki bisnis percetakan di kota Medan, Dan Owner dari percetakan itu ingin meningkatkan penjualan di percetakannya. Nah, tentunya, hal utama yang akan kita pilih target pasarnya adalah orang-orang yang ada di lingkungan percetakan tersebut bukan?

Contoh Lain..

Hotel A yang berada di kota Medan ingin meningkatkan penjualan kamar di hotel tersebut, Tentunya target pasar yang paling besar adalah orang-orang yang berada di kota medan atau berencana ke kota medan bukan?

Kenapa kami membungkusnya dengan kata “Lokal Digital Marketing”, Kata digital marketing adalah kata yang pass untuk menggambarkan kondisi strategi marketing untuk semua. Baik itu Local SEO, Local Search, Lokal PPC atau target audience tertentu di radius tertentu.

Nah, apa saja yang harus kamu lakukan untuk menunjang penjualanmu di local bisnis? Yuk, simak beberapa tips dari The Next Marketers.

1. Gunakan Local Search

Local Search atau pencarian lokal merupakan salah satu cara yang sangat lumrah untuk dilakukan oleh praktisi digital marketing. Lokal search membantumu mempersingkat waktu pengoptimalan karena berfokus pada satu titik. Bagaimana contohnya.

Contoh..

Misalnya kamu merupakan pengerajin atau memiliki bisnis Kerajinan Tembaga Kuningan dengan lokasi produksi di kota Boyolali. Lalu kamu berniat untuk menjual produk tersebut di luar dari kota Boyolali.

lokal search 530x1024 - 5 Tips Mengoptimalkan Lokal Digital Marketing Bisnismu
Contoh Penerapan Local Search

Dalam kasus ini, Kamu ingin menjualnya di kota Jakarta dengan tujuan agar harga bisa lebih mahal. Nah, disini kamu bisa memanfaatkan local search atau membidik target kota Jakarta pada kata kunci mu, Lalu melakukan optimasi seo agar kata kunci tersebut bisa bersaing dengan bisnis lain.

Contoh kasus: Kamu bisa menggunakan kata kunci “Kerajinan tembaga kuningan di jakarta” atau yang lainnya.

Agar kata kunci yang kamu inginkan benar-benar tervalidasi, kamu bisa menggunakan Tools Riset Keyword yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya.

2. Gunakan Target Radius

Target radius ini biasanya berlaku untuk PPC. Seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, Google Adwords dan lainnya. Kenapa anda harus menggunakan target radius jika ingin mengoptimalkan bisnis pada suatu daerah tertentu?

Jawabannya: Agar uang mu tidak terbuang sia-sia!

Ya, Mengoptimalkan sebuah bisnis dengan strategi digital marketing tentunya dapat lebih mudah untuk kita lakukan dari pada cara konvesinal biasanya. Dengan strategi pemasaran digital saat ini, kita bahkan bisa memilih target audience yang tepat bagi produk atau bisnis kita.

Contoh Kasus.

Hotel A yang berada di Medan memutuskan untuk menggunakan Facebook Ads untuk mengoptimalkan kunjungan pelanggan. Namun sayangnya, ia lupa untuk memfilter khusus daerah Sumatera Utara – Medan pada iklannya, Namun untungnya, ia memilih minat yang tepat pada iklan tersebut, Yaitu minat travelling.

target radius fb ads - 5 Tips Mengoptimalkan Lokal Digital Marketing Bisnismu
Contoh pengaturan target radius di Facebook Ads.

Jadinya, iklan tersebut muncul diseluruh lokasi Indonesia.

Kira-kira, kamu sudah tau kan apa yang terjadi?

Ya, iklan akan muncul pada target audience yang tepat namun di lokasi yang salah bukan? sehingga biaya iklan akan terbuang pada target lokasi yang kurang tepat tersebut dan hasilnya akan nihil.

3. Gunakan Sosial Media

Tidak dapat dipungkiri bahwa sosial media memang menjadi momok penting untuk mengoptimalkan bisnis di era digitalisasi saat ini. Peran sosial media bukan lagi hanya untuk saling berinteraksi, tapi sudah dapat saling bertransaksi.

Apa lagi, Salah satu negara pengguna facebook, instagram atau twitter terbesar adalah Indonesia. Ini membuktikan bahwa peluang pasar bisnis di sosial media untuk target market orang Indonesia sangat besar. Setiap tahunnya, tercatat Triliunan transaksi yang terjadi di sosial-sosial media ini.

Kamu bisa memanfaatkan Fan Pages Facebook untuk mengopmalkan penjualanmu di facebook atau melakukan Riset Hashtag Populer di Instagram untuk kepentingan bisnis kamu.

Kamu bisa memantau terus kanal Sosial Media Optimazation The Next Marketers untuk terus mendapatkan update artikel terbaru dari kami.

4. Gunakan Marketplace Lokal

Saat ini begitu banyak marketplace lokal asal Indonesia yang bisa membantu meningkatkan penjualan online kamu. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mendaftar, upload produk dan tunggu pembeli melakukan pesanan. Mudah bukan?

Pada artikel sebelumnya, Penulis juga sudah membahas setidaknya ada 9 Marketplace Lokal Yang Bisa Membantu Meningkatkan Penjualanmu.

Kenapa harus marketplace?

Banyak alasan kenapa harus menggunakan marketplace besar seperti tokopedia, shopee, bukalapak dan lainnya.

Beberapa calon buyer lebih percaya untuk melakukan transaksi elektronik di situs website yang sudah terpercaya/besar. Jika kamu baru merintis situs toko online misalnya, Yang baru saja kamu buat. Pastinya calon buyer akan lebih dulu melakukan pengecekan teradap produk yang kamu jual, atau informasi apapun tentang situs mu.

Tentunya kemungkinan transaksi gagal akan bisa terjadi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu juga memanfaatkan marketplace lokal yang sudah terpercaya untuk membantu meningkatkan penjualanmu.

5. Mintalah Review Pelanggan

Sudah baca artikel saya yang berjudul “Bagaimana Saya & Tim Growth +3x Lipat, Dengan Hanya 4 Orang Tim Dan Kondisi Pasar Yang “Mustahil” Meningkatkan Growth Di Bulan Puasa” ini?

Jasa Review Google Bisnis dan Google Maps 1024x526 - 5 Tips Mengoptimalkan Lokal Digital Marketing Bisnismu

Ada cerita menarik waktu itu.

Ceritanya waktu itu salah satu perawat medis mendatangin saya, Ia bercerita bagaimana beberapa pasien terapi merasa puas ketika ia datang terapi karena pelayanan mereka.

Si pasien bilang ke perawatnya “Wah, ga salah ternyata saya dateng kesini dan yang review di Google bintang 5 semua”.

Nah, sampai disini ngerti kan gimana maksud dan tujuannya?

Ya! Review atau rekomendasi pengguna yang pernah datang ke bisnis/jasa kita akan dengan senang hati membantu mempromosikan bisnis kita ke orang lain, teman atau kerabatnya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan review positif bagi bisnis kita.

Dengan adanya review positif tersebut, calon buyer tidak akan ragu untuk datang berkunjung ketika ia melihat sudah pernah ada orang yang merasa puas ketika ia berkunjung.

Bagaimana membuat Bisnis kita terlisting di Google? Baca: Panduan Lengkap Membuat Google Bisnisku.

Ohh ya, bukan cuma di Google, kamu bisa membuat listing bisnismu dibeberapa tempat seperti Facebook yang juga bisa dilakukan review oleh pelanggan, Yellow pages, dan banyak lagi situs listing yang juga dapat membantu local search kamu.

Menarik bukan?

Loading...

Leave a Comment