Les Gambar 3D atau Programming? Mana Yang Lebih Baik

Les Gambar 3D atau Programming? Menurut kamu, mana yang akan kamu pilih? Menarik untuk dibahas ketika kamu dihadapkan pada dua pilihan ini untuk menambah skill profesionalmu. Mengingat, era 4.0 terus tumbuh dan pemerintah terus mendorong di berbagai sektor usaha. Keterampilan profesional tentunya harus kamu asa lebih jauh lagi.

Sulit untuk mengatakan mana yang lebih baik. Mengingat, masing-masing kebutuhan ada pada diri kamu sendiri. Oleh karena itu, The Next Marketers mencoba memberikan sedikit masukan untuk kamu dan bagaimana prospek di kedua pilihan ini kedepannya.

Les Gambar 3D & Animasi

Tidak semua orang yang bisa melakukan ini. Namun berdasarkan kebutuhan dilapangan, semakin banyak saja perusahaan atau agency yang membutuhkan keterampilan ini. Apa lagi, perusahaan-perusahaan seperti pengembang aplikasi, game, property dan lain sebagainya semakin banyak yang membutuhkan keterampilan ini. Lihat saja seperti Mobile Legend, atau Tencent yang menakodai banyak pengembang game.

TPM Sugianto Lie Bumblebee 01 - Les Gambar 3D atau Programming? Mana Yang Lebih Baik
Hasil Les Gambar 3D di Esda.co.id

Les Gambar memang patut untuk diikuti mengingat banyaknya kebutuhan pasar. Kamu juga tidak harus bekerja di dalam sebuah perusahaan untuk bisa meraup pundi-pundi uang. Kamu bisa membuat prototype atau hasil gambar dan menjualnya ke market dalam maupun luar negeri.

Selain itu kamu juga bisa menerima pekerjaan sampingan atau pesanan (Freelance) untuk membuat pekerjaan ini semakin fleksibel dengan pekerjaan penuh waktu kamu. Oh ya, Les ini juga bisa kamu manfaatkan untuk pengembangan diri seorang anak. Les Anak ini sangat cocok untuk usia dini.

Banyak para desainer animasi Indonesia yang cukup berhasil di dunia internasional. Tentunya peluang pasar di industri ini masih cukup besar hingga saat ini.

Salah satu sekolah Animasi yang bisa kamu coba adalah di ESDA. Lebih lengkap langsung ke websitenya di www.esda.co.id

Programming Profesional

Siapa sih yang enggak pengen jadi seorang programming profesional? Sejatinya cukup banyak orang yang mendambakan profesi ini. Apa lagi, jika kamu sudah memiliki pengalaman di berbagai perusahaan. Kamu bisa menerima gaji bulanan yang “cukup wah” di industri ini.

Sebagai gambaran, kepala tim programming kami memiliki rentan gaji berkisar 20-60 juta perbulannya. Wah bukan? Ini masih di lokasi medan loh, menurut pengalaman penulis, kisaran besar gaji seorang kepala programming di ibu kota jakarta terbilang cukup besar. bisa 30-60 juta loh..

Tentunya programming saat ini yang dibutuhkan lebih banyak web mau pun mobile. Di bagian web, terbagi lagi menjadi backend atau front end developer. Jika kamu mahir di keduanya, kamu bisa disebut sebagai full stack developer dengan rentan gaji yang biasanya lebih tinggi.

Lapangan Kerja di industri ini saat ini memang cukup banyak sekali. mengingat era digitalisasi serta era 4.0 saat ini terus bertumbuh pesat membuat seorang yang memiliki keahlian programming akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Beberapa pilihan untuk menimba ilmu di industri ini agar menjadi programming profesional, kamu bisa memanfaatkan les atau kursus di Codepolitan atau Dicoding. Keduanya cukup bagus, informasi lebih lengkap kamu bisa mencarinya di website masing-masing.

Jika kamu ingin memulainya, kamu bisa belajar membuat website sederhana menggunakan cms gratis seperti wordpress yang cukup mudah untuk di operasikan.

Sebagai penutup, apa pun pilihan kamu tergantung dari minat kamu di industri mana. Kamu boleh belajar apa saja namun fokuskan salah satunya untuk menjadi mahir! Semoga bermanfaat ya.

Loading...

Leave a Comment