Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Website Manual & Plugins WordPress

Seberapa pentingkah menganalisa website anda? Pertanyaan ini sering muncul kepada penulis. Secara gamblang, men-traking atau meng-analisa situs website anda dengan beragam tools online yang ada sangat penting untuk di lakukan. Kamu bisa mengetahui apa yang terjadi atau sedang terjadi di website anda. Baik itu visitor, pageviews, pembelian, audience atau apa saja yang ingin kamu ketahui yang sedang terjadi di website kamu. Dengan demikian, kamu mengetahui apa yang perlu kamu perbaikin untuk meningkatkan trafik atau penjualan website kamu.

Dengan melacak setiap peristiwa yang terjadi di website kamu, Kamu bisa memperbaikin konten atau pun strategi pemasaran yang kamu lakukan selama ini.

Bukan Cuma Google Analytics

Tools Online untuk melacak atau tracking peristiwa yang terjadi di website kamu bukan cuma Google Analytics saja. Banyak tools yang bisa kamu lakukan untuk melacar setiap peristiwannya. Namun yang sering atau yang paling akurat untuk melakukan hal tersebut sejauh ini Google Analytics menjadi andalan para marketers maupun para perusahaan.

Daftar ke Google Analytics

Agar kamu bisa menggunakan Google Analytics di website kamu. Kamu harus membuat akunnya terlebih dahulu. Berikut ini panduan singkatnya.

  • Masuk ke Google Analytics disini
  • Isikan from pendaftaran sesuai dengan website anda
  • Setelah semua terisi, Klik Dapatkan ID Pelacakan 

    id GA - Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Website Manual & Plugins WordPress

    id GA

  • Setelah itu, maka kamu telah mendapatkan ID Google Analytics dan juga kode nya.

Memasang Google Analytics ke Website

Disini kamu bisa menyesuaikan dengan jenis website kamu. Jika kamu menggunakan CMS WordPress, Kamu bisa menggunakan beberapa plugin seperti All In One SEO Pack, Yoast SEO atau beberapa plugin lainnnya. Disini, kita akan membahas untuk penggunaan plugins All In One SEO Pack.

Cara Pertama

  • Pertama, Masuk ke settingan plugin All In One SEO Pack >> General Setting
  • Pastekan Kode Google Analytics kamu ke Google Analytics ID. Perhatikan Contoh gambar.

    GA kode setting - Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Website Manual & Plugins WordPress

    GA kode setting

  • Pastekan ID Analytics anda ke kolom yang di beri kotak. Contoh ID. UA-113736776-1
  • Lalu Save dan Selesai.

Cara Kedua

Cara kedua dapat kamu gunakan di jenis website apa pun. Walau kamu tidak menggunakan CMS website pun caranya sama saja. Hanya mengedit bagian header.php atau index.html.

Caranya cukup mudah. Kamu tinggal pastekan kode Google Analytics tersebut dibawah kode pembuka <head> saja.

  • Pastikan kamu mengetahui dimana letak kode <head> dibagian header.php atau index.html.
  • Setelah itu cari kode <head> lalu pastekan kode pelacakannya seperti gambar dibawah ini.

    header kode analytics - Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Website Manual & Plugins WordPress

    Memasang kode pelacakan di bawah

  • Lalu save dan selesai.

Plus-Minus Menggunakan Google Analytics

Banyak plus minus jika menggunakan Google Analytics untuk melacak situs website anda. Kebanyakan kasus, sering sekali terjadi perbandingna yang mencolok jika kita menggunakan tools selain GA ini. Hal ini terjadi karena Google secara ketat memfilter semua robot yang masuk di website kita dan tidak dihitung. Namun dibeberapa kasus, sering juga GA mengalami kesalahan dalam membaca Real Human vs Robot. Sehingga data yang dihasilkan berbanding jauh dengan tools-tools analytics yang lainnya.

Namun dibeberapa kasus, Jika kita ingin menjual website atau iklan kepada perusahaan, Google Analytics menjadi andalan untuk menjual kemereka. Karena telah menjadi acuan berbagai perusahaan besar.

Jika kamu mengalami kendala dalam memasang Google Analytics di website kamu, silahkan menghubungi kami untuk bantuan. Kami akan senang membantu anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *