Apa Itu Google Adsense & Manfaatnya

Nama Google Adsense pasti sudah tidak asing lagi di kalangan para blogger. Apa lagi para blogger yang sudah cukup lama bergelut di bidang blogging. Nah, namun bagi para pemula pastinya masing cari-cari nih referensi untuk mengoptimalkan pendapatan Google Adsensenya. Bener kan..? 😀

Penjelasan Google Adsense

Menurut Wikipedia, AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Dulu, untuk mendaftar Google Adsense memang masih tergolong mudah. Karena publisher di indonesia sendiri masih belum sebanyak saat ini.

Saat ini, untuk mendaftar ke google adsense dan sampai akun menjadi full apremove membutuhkan waktu yang lumayan serta aturan yang sangat ketat. Mulai dari themes, kecepatan situs, isi konten mempengaruhi proses pendaftaran tersebut. Rupanya google sudah benar-benar menyeleksi situs-situs yang masuk kategori layak agar menjadi publisher mereka.

Perlu untuk diketahui, setidaknya ada dua tipe jenis akun Google Adsense yang bisa digunakan. Tentunya keduanya memiliki perbedaan.

1. Adsense Non Hosted

Adsense Non Hosted sejatinya merupakan jenis akun yang sama sekali tidak terkait dengan situs mitra atau situs pihak ketika. Pihak mitra yang dimaksud adalah produk Google lainnya seperti blogspot.com. Jadi pada intinya jenis akun ini bisa kamu pasang di situs kamu mana saja yang menggunakan domain TLD.

Untuk mendaftar akun adsense non hosted ini, kamu bisa menggunakan Hosting & Domain TLD.

2. Adsense Hosted

Adsense Hosted adalah kebalikan dari Non Hosted. Jenis akun ini terkait dengan situs mitra seperti blogspot.com maupun Youtube. Tentunya tipe jenis akun ini tidak dapat kamu pasang di situs TLD kamu secara sembarangan seperti Non Hosted.

Untuk mendaftar jenis akun adsense hosted kamu hanya perlu membuat blog di situs blogspot.com atau akun youtube.

Upgrade Jenis Akun Adsense

Oh ya, Jenis akun google adsense dari Hosted ke Non Hosted sejatinya bisa dilakukan. Hal ini lumrah dilakukan oleh publisher untuk lebih leluasa memasang kode iklan di berbagai situs mereka.

Jadi..

Bagi kamu yang sudah memiliki jenis akun google adsense hosted dapat melakukan upgrade ke non hosted agar kode iklan kamu bisa dipasang di situs dengan domain tld.

Contoh Iklan Google Adsense

Pada dasarnya ketika kamu membaca tulisan ini, dan disertai dengan Iklan sejatinya itu merupakan Iklan dari Google Adsense yang kami pasang disitus The Next Marketers ini. Hal ini kami lakukan agar kami dapat membayar tagihan server setiap tahunnya dan website ini bisa terus online.

contoh iklan google adsense di mobile 1024x512 - Apa Itu Google Adsense & Manfaatnya
contoh iklan google adsense di mobile

Gambar diatas, merupakan contoh langsung iklan Google Adsense ketika website The Next marketers di akses melalui perangkat smartphone.

Manfaat & Keuntungan Google Adsense

Banyak sekali publisher Indonesia yang sudah berhasil mengoptimalkan pendapatan Google adsense mereka. Ada yang jutaan, puluhan juta, ratusan juta hingga miliaran. Salah satu teman penulis asal Aceh, ia mengumpulkan hampir 400 juta hanya dari Google Adsense setiap bulannya.

Sedangkan kisaran pendapatan media-media online seperti VIVA, Merdeka, Tribunnews, Detik per bulannya dari Google Adsense ditaksir mencapai angka miliaran.

Nah, kini giliran kamu? Next post kita akan bahas bagaimana mengoptimalkan pendapatan Google Adsense. Salah satunya dengan Riset Keyword untuk mendapatkan hasil organik lebih baik dapat meningkatkan pendapatan lebih baik.

Loading...

Leave a Comment