Dropship: Jualan Tanpa Modal & Stok Dengan Menjadi Dropshipper

Internet memang punya banyak cara yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Salah satunya adalah dengan berjualan online. Cara ini paling maksimal untuk mendapatkan keuntungan langsung ke dompet kamu. Namun faktanya, banyak orang yang binggung untuk memulai bisnis dari mana.

Baca: Peluang Bisnis Online Yang Sangat Menjanjikan!

Jika kamu binggung, Menjadi seorang Dropshipper adalah salah satu cara untuk berjualan. Sistem dropship sangat gampang untuk dilakukan. Apa lagi, cara ini memungkinkan kamu tanpa harus keluar modal dan stok barang agar bisa berjualan.

Apa Itu Dropship?

Dropship adalah sistem dimana seseorang dapat menjual barang tanpa harus memiliki stok barang. Dengan memanfaatkan kerja sama antar supplier, Seorang dropshipper bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual (ke sipembeli) dan harga beli (ke supplier). Sumber: Wikipedia

Mudahnya, silahkan perhatikan rangkaian ilustrasi dibawah ini.

Dropship - Dropship: Jualan Tanpa Modal & Stok Dengan Menjadi Dropshipper

Dropship

3 Rangkaian Yang di Untungkan

Dengan sistem Dropship, setidaknya ada 3 (tiga) orang yang terbantu atau di untungkan dari sistem ini.

  • Supplier

Supplier adalah orang yang menyediakan barang yang akan di jual oleh dropship.

  • Dropship

Dropship adalah orang yang menjual barang dari Supplier

  • Pembeli

Pembeli merupakan orang yang membeli barang dari dropship.

Dengan penjelasan dan contoh dropship diatas, sampai disini kamu sudah paham kan apa itu dropship?

Cara Menjadi Dropship

Banyak sekali pertanyaan yang masuk ke penulis tentang bagaimana cara menjadi seorang dropshipper?. Pada dasarnya, sangat mudah untuk menjadi atau memulai bisnis dropship secara online.

Kamu hanya perlu mencari banyak referensi untuk memulai bisnis ini. Berikut ini langkah-langkah untuk memulai bisnis dropship kamu.

1. Cari Produk Yang Ingin Dijual

Sebelum memulainya, pastikan kamu mencari produk yang ingin kamu jual atau pasarkan. Sebagai tips dan tambahan, usahakan mencari produk yang dipakai orang setiap harinya. Dengan demikian, kamu mudah untuk menjualnya.

Disisi lain, kamu juga bisa menjual berbagai produk yang sesuai dengan minat kamu atau dengan lingkungan sekitar kamu. Ini bertujuan agar kamu semakin mudah memahami target market produk yang ingin kamu jual.

2. Cari Supplier Yang Terpercaya

Bagian ini sangat penting. Kamu harus mencari supplier atau penjual yang terpercaya. dari segi kualitas produk, review pelanggan dan lainnya.

Ini bertujuan agar nantinya pembeli kamu tidak merasa kecewa pada barang yang ia beli dari kamu.

Bagaimana caranya..?

Ada satu cara yang paling mudah untuk kamu lakukan pada tahap ini.

Di Tokopedia dan Bukalapak ada fitur premium member. Manfaatkan fitur ini untuk mencari supplier. Biasanya, mereka yang menggunakan premium member adalah orang-orang yang serius dalam berjualan.

Namun kecepatan respon juga harus kamu perhitungkan. Ini juga penting ketika kamu akan bertransaksi dengannya. Lewati supplier yang merespon terlalu lama walau ia premium member di kedua marketplace tersebut karena ini bisa menghambatmu nantinya.

3. Cari & Bandingkan Harga

Tahap paling krusial adalah menentukan harga jual. 10-20% profil adalah harga yang anjurkan oleh para senior dalam bisnis ini.

Jangan puas mencari hanya di satu atau dua tempat saja. Intinya, semakin banyak referensi semakin baik. Kamu juga harus membandingkan harga jual di toko satu dan toko lainnya agar kamu bisa menentukan harga jual yang tepat.

Walau, sebagian supplier telah menentukan harga jual bagi dropship dengan tujuan agar tidak terjadi perang harga. Namun banyak supplier yang memberikan kebebasan bagi dropshippernya untuk menentukan harga jual sendiri.

Cara Menjual Produk Dropship

Ditahap akhir adalah bagaimana kamu memaksimalkan produk yang harus kamu jual tersebut. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjualnya.

dropshipping 3264486 640 - Dropship: Jualan Tanpa Modal & Stok Dengan Menjadi Dropshipper

Ilustrasi Belanja Online. Sumber: Pixabay.com

Mau coba caranya..? Berikut ini tips & caranya.

1. Buat Website Sendiri

Jika kamu menjualnya secara online, kamu bisa membuat toko online khusus produk dropship kamu. Ini bertujuan agar kamu terlihat seperti penjual yang profesional dan terpercaya.

Dengan memanfaatkan toko online sendiri, kamu juga bisa secara perlahan untuk membangun brand kamu sendiri. Nah, bagi kamu yang ingin membuat toko online sendiri, wajib baca: Panduan Lengkap Cara Membuat Toko Online Dengan Plugin WooCommerce di WordPress

2. Gunakan SEO

Dengan membuat toko online sendiri, kamu bisa menggunakan teknis seo agar jualan kamu semakin laris. Apa lagi, produk yang kamu jual dengan low kompetitor di search engine, maka kamu akan terus kebanjiran order dari online.

Jika kamu memutuskan menggunakan teknik seo, silahkan belajar seo disini. Pastikan kamu mengikuti tips-tips seo dari kami.

3. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media adalah ladang empuk yang bisa kamu garap untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kamu bisa menjual produk-produk kamu di sosial media kamu agar semakin banyak orang yang mengetahui bawah kamu menjual produk tersebut.

Selain profil, kamu juga bisa memanfaatkan halaman di facebook untuk berjualan. Dengan demikian kamu bisa menggunakan teknik facebook ads untuk meningkatkan penjualan kamu. Pastikan juga kamu mengikuti tips dan trik belajar sosial media marketing kami.

4. Jual di Marketplace

Kamu juga bisa menjual produk dropship kamu keberbagai marketplace lokal. Manfaatkan situs seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Kaskus Jual Beli, Blanja, dan beberapa marketplace lokal yang bisa mendongkrak penjualanmu.

Lah… Saya dapat suppliernya dari marketplace juga? Bagaimana donk?

enggak masalah. Walau kamu mendapatkan supplier dari marketplace lokal dan kamu jual menjualnya di marketplace lokal tidak menjadi masalah.

5. Jual Secara Offline

Selain menjual produk dropship kamu secara online, kamu juga bisa menjualnya secara offline. Apa lagi, produk yang kamu jual adalah produk yang digunakan sehari-hari, maka akan lebih mudah untuk menjualnya.

Tawarkan kepada lingkungan sekitar kamu produk yang kamu jual. Jika kamu tepat dalam memberikan harga jual di tahap awal tadi, maka bisa dipastikan produk kamu akan laris manis.

Fokus Dalam Menjual Produk

Fokus dalam menjual produk adalah cara menjadi dropshipper yang baik. Artinya, jangan terlalu banyak menjual produk. Fokus lah kepada produk yang gampang untuk kamu jual.

Jangan terpaku hanya karena besarnya profit yang kamu dapatkan, namun fokuslah di kelanjutan (continue) produk yang kamu jual.

Lakukan Audit

Audit sangat penting untuk selalu kamu lakukan. Ini bertujuan agar kamu selalu bisa siap siaga. Seperti mengaudit teknik marketing yang kamu lakukan, mengaudit harga pasar, dan produk yang kamu jual.

Ini sangat penting karena bisa saja teknik yang kamu lakukan ‘sudah usang’. atau harga yang kamu jual jauh lebih mahal dari orang lain setelah sekian bulan. atau bahkan produk yang kamu jual ternyata kurang berkualitas dan kamu bahkan mengabaikan review pembeli kamu.

Nah, cara apa pun yang penulis jabarkan diatas bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin. Tinggal, bagaimana keuletan kamu dalam menjalankannya akan menentukan hasil. Banyak cara menjadi dropshipper sukses di tokopedia, bukalapak, lazada, atau yang lainnya.

2 Comments

  1. iman April 21, 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *