Apa Itu CloudFlare? Penjelasan dan Cara Setting CloudFlare di Website WordPress

Sering sekali para pemilik website/website owner merasa kebingungan ketika isi atau traffik websitenya sudah mulai ramai. Hal ini dikarenakan notifikasi penggunaan hosting yang sudah hampir penuh. Apa lagi, mereka yang memakai Shared hosting, Pasti akan sangat cepat ‘memerah’. Hal ini juga dulunya sering dialami penulis langsung. Hingga akhirnya dahulu seorang teman menyarangkan untuk menggunakan layanan CloudFlare.

Lantas, Apa itu CloudFlare?

CloudFlare merupakan sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki standart lebih baik dari CDN lain pesaingnya. Sistem kerja semua CDN pada dasarnya sama. Menyaring setiap visitor dan data anda di tempat mereka. Jadi dalam kata singkat, Sebelum visitor masuk ke website anda, Maka akan difilter terlebih dahulu. Kurang lebih begitulah konsep kerja CDN pada umumnya.

Nah, CloudFlare juga bekerja demikian. Oleh karena itu, pastinya jika anda menggunakan Shared hosting, akan sangat tertolong dengan menggunakan CloudFlare secara gratis. Menariknya, CloudFlare juga menyediakan cache statis, Speed untuk mempercepat loading website, firewall, dan lainnya.

Baca Juga: Memasang Plugin AMP di WordPress Dengan Mudah

CloudFlare sendiri memiliki beberapa plan harga yang biasa anda pilih. Untuk kamu yang memiliki data dan visitor kecil-menengah, Berdasarkan pengalaman kami, Kamu masih bisa menggunakan fitur GRATIS di CloudFlare. Namun jika kamu memiliki visitor dan data yang lebih besar, kami sarankan menggunakan fitur yang premium.

Cara Setting CloudFlare di Website WordPress

Untuk bisa menggunakan CloudFlare, Kamu diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Ikuti panduan mendaftar, Kamu tinggal masuk ke situs websitenya di www.cloudflare.com dan klik tombol Sing up di bagian atas website. Gunakan email yang valid agar sewaktu-waktu kamu lupa login atau ingin upgrade plan bisa login tanpa ada masalah.

Setelah berhasil mendaftar, loginlah dengan email dan password yang kamu buat tadinya. Nah, selanjutnya ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk setting CloudFlare di wordpress.

  • Pertama, tambahkan website kamu ke CloudFlare.

    add website 300x152 - Apa Itu CloudFlare? Penjelasan dan Cara Setting CloudFlare di Website Wordpress

    Add website to Cloudflare

  • Ikuti langkah 1,2 dan 3 seperti foto. Dibagian kedua, Isi nama domain kamu. Contohnya: www.thenextmarketers.com, Lalu klik Begin Scan.
  • Setelah komplet, Klik Continue Setup.
  • Setelah itu, kamu akan diredirect ke DNS Records. Jika semua sudah benar, kamu tinggal scrool kebawah dan klik Continue.
  • Setelah itu, Pilih paket ‘Free Plan’ dan klik Continue.

    free plan 300x258 - Apa Itu CloudFlare? Penjelasan dan Cara Setting CloudFlare di Website Wordpress

    free plan

  • Setelah itu, kamu akan diredirect ke tahap akhir untuk mengganti Name Server hosting kamu ke Name Server milik CloudFlare.

    nameserver 300x211 - Apa Itu CloudFlare? Penjelasan dan Cara Setting CloudFlare di Website Wordpress

    ganti nameserver

  • Perhatikan kotak warna merah, Dibagian itulah nantinya Name Server baru kamu yang harus kamu ganti dibagian domain control dimana kamu membeli domainnya.
  • Silahkan ganti terlebih dahulu Name Server tersebut. Jika menemukan masalah, hubungi pihak penyedia domain dan hosting kamu untuk membantu menggantinya.
  • Jika sudah selesai mengganti name server, silahkan lanjutkan dengan klik Continue.
  • Nah, sampai tahap ini, kamu hanya perlu menunggu propagansi Name Server berlangsung. Paling lama membutuhkan waktu 24 jam untuk itu. Namun dibeberapa kasus, hanya membutuhkan beberapa menit.

    waiting 300x126 - Apa Itu CloudFlare? Penjelasan dan Cara Setting CloudFlare di Website Wordpress

    Menunggu proses propagansi name server baru.

  • Selesai.

Setting CloudFlare di WordPress Dengan Plugin Official

Jika sudah selesai mendaftar dan menambahkan domain kamu ke layanan Cloudflare, Kini saatnya untuk mengatur settingan cloudflare ke website wordpress kamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Bisa menggunakan plugin WP Rocket atau Plugin official Cloudflare. Nah, berikut ini cara settingnya.

  • Pertama, Instal dan aktifkan plugins CloudFlare di website wordpress kamu.
  • Jika sudah aktif, Masuk ke settingan CloudFlare dengan cara klik Setting >> CloudFlare.
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk mendaftar atau login. Pilih login.
  • Masukkan email Cloudflare kamu serta dengan API Key yang ada di dasboard akun Cloudflare kamu.

    get api - Apa Itu CloudFlare? Penjelasan dan Cara Setting CloudFlare di Website Wordpress

    get api

  • Klik get Api, Maka kamu akan di redirect ke bagian profil. Scrool kebagian bawah maka akan terlihat Api Key. Setelah itu, klik View Api Key. (perhatikan gambar).

    api get - Apa Itu CloudFlare? Penjelasan dan Cara Setting CloudFlare di Website Wordpress

    Global api key

  • Setelah mendapatkan Api Key tersebut, masukkan ke settingan plugin di wp admin tadi dan klik save.

    save api - Apa Itu CloudFlare? Penjelasan dan Cara Setting CloudFlare di Website Wordpress

    save api

  • Kamu tinggal mengklik Apply pada bagian settingan Optimize Cloudflare for WordPress di wordpress admin tersebut. optimized - Apa Itu CloudFlare? Penjelasan dan Cara Setting CloudFlare di Website Wordpress
  • Selesai.

Setelah tahap ini, kini cara untuk setting cloudflare di website wordpress kamu telah selesai. Kamu bisa tenang karna kini sudah menggunakan CDN. setidaknya untuk memperingan hosting yang kamu gunakan dan mempercepat loading website kamu.

Jika kamu memiliki plugin WP Rocket, Akan sangat membantu. Namun sayangnya, plugins tersebut tidaklah gratis. Di WP Rocket, Kamu bisa mengintegrasikan layanan Cloudflare secara lebih mudah. Fitur cache dan optimized file html, css, images, font dan lainnya akan sangat berguna untuk mendukung fitur Cloudflare. Sehingga website kamu akan semakin cepat loadingnya di dekstop maupun melalui perangkat mobile. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *