Cara Riset Keyword (Kata Kunci) Paling Jitu 2018 Dengan Google Keyword Planner

Cara Riset Keyword atau Kata Kunci untuk SEO dapat dilakukan dengan berbagai cara. Banyak tools online yang bisa membantu kamu untuk menentukan kata kunci yang paling tepat untuk website bisnis kamu. Salah satunya yang paling banyak digunakan oleh praktisi SEO adalah tools gratis dari Google, Yaitu Keyword Planner.

Oh ya, Sebelumnya, Saya juga sempat membahas Tools Riset Keyword yang bisa kamu gunakan untuk mencari kata kunci yang tepat. Silahkan dibaca. Tools itu gratis.

Banyak orang yang tidak terlalu mementingkan riset keyword ini. Sehingga, bukan hasil maksimal yang didapat, Mereka malah “Mentok” di kata kunci yang memang tidak optimal bagi bisnisnya. Disinilah peran besar melakukan riset kata kunci sangat penting untuk meningkatkan SEO suatu website di search engine.

Baca: Apa Itu SEO (Penjelasan Lengkap)

Ngomongin soal riset, Tentu hal yang paling utama dalam pikirain kita adalah DATA. Nah, di tahap ini, kamu bisa mendapatkan data tersebut untuk menentukan mana yang paling bagus untuk bisnis kamu. Data ini juga cukup akurat. Karena kita memakai tools langsung dari produk Google itu sendiri.

Riset Keyword Menggunakan Google Keyword Planner

Pada dasarnya, Melakukan riset ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Cara untuk menggunakan tools ini pun cukup mudah. Nah, Silahkan ikuti step by step cara menggunakannya.

  1. Pastikan kamu sudah punya akun Google Adwords. Jika Belum, Gunakan Email Gmail untuk mendaftarkannya. Karena Google Keyword Planner adalah bagian dari Google Adwords.

    Google Adwords - Cara Riset Keyword (Kata Kunci) Paling Jitu 2018 Dengan Google Keyword Planner
    Google Adwords

  2. Jika kamu sudah punya akun Google Adwords, Masuk langsung ke Google Keyword Planner untuk memulainya.
  3. Jika kamu sudah masuk ke Keyword Planner, Dibagian Dashboard, kamu akan melihat dua kolom. Maka pilihlah kolom pertama. jangan lupa memasukkan kata kunci kamu ke kolom tersebut. Perhatikan gambar.

    keyword research planner - Cara Riset Keyword (Kata Kunci) Paling Jitu 2018 Dengan Google Keyword Planner
    keyword research planner

  4. Klik Get Started untuk memulai.
  5. Disini, kamu bisa bisa mendapatkan data seperti kata kunci terkait yang paling relavan dengan kata kunci utama. (Studi kasus: toko sepatu), Average monthly searches, Kompetitor dan bid di Google Adwords.

    keyword search - Cara Riset Keyword (Kata Kunci) Paling Jitu 2018 Dengan Google Keyword Planner
    Hasil Keyword Planner

  6. Silahkan ganti kata kunci sesuai dengan kata kunci kamu untuk mendapatkan hasilnya. Kamu juga bisa mendownload semua kata kunci tersebut pada bagian atas sebelah kanan.

Panduan riset keyword diatas adalah dasar untuk memulai menggunakan Google Keyword Planner bagi kamu para pemula dibidang SEO. Dengan data ini, kamu bisa memilih kata kunci yang cocok dan relavan bagi bisnis kamu. Dengan data ini pula, Kamu bisa menentukan bid budget untuk strategi pemasaran di Google Adwords kamu.

Pada tahap ini, Kamu diharapkan bisa melakukan.

  • Riset keyword menggunakan Google Keyword Planner
  • Memilih keyword yang tepat untuk bisnis atau situs website kamu
  • Membaca data seperti Long Tail Keyword/Relavan Keyword, Average monthly searches, kompetitor, dan lainnya.

Tips Memilih kata Kunci Untuk Bisnis Online

Mengoptimalkan sebuah kata kunci (keyword) di search engine pada dasarnya gampang-gampang susah. Kita tidak dapat mematoknya susah atau pun sebaliknya. Yang paling penting adalah penentuan kata kunci yang harus kamu optimalkan di search engine.

Bagi kamu para pemula dalam bisnis ini, Jangan coba-coba untuk mengejar kata kunci yang kompetitornya tinggi. Contohnya adalah studi kasus diatas dengan menggunakan kata kunci “Toko Sepatu”. Kata kunci ini pada dasarnya memiliki tingkat kompetitor yang tinggi. Apa lagi, banyak para pemain-pemain besar dengan modal yang besar pula yang mengejar kata kunci ini.

Pilih kata kunci turunan yang relavan. Atau biasa penulis menyebutnya adalah long tail keyword. Keyword-keyword ini jarang di bidik oleh para pemain besar. Namun pada faktanya, Kata kunci ini cukup memberikan dampak yang besar bagi penjualan bisnis kamu.

Apa contohnya..?

Contoh dasar untuk memilih kata kunci turunan yang paling relavan adalah “Toko Sepatu di Medan”, “Toko sepatu pria murah”. Kata kunci seperti ini pada dasarnya jarang dilirik oleh pemain besar. Dengan kata lain, ini adalah “Makanan para pemain kecil”.

Namun seiring perjalanannya waktu, Kata-kata kunci seperti ini juga sudah banyak digarap oleh pemain besar. Maka tidak heran jika mereka memiliki devisi khusus untuk search engine optimazation.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. kata-kata ini mungkin menggambarkan posisi kita.

Mulailah dari yang terkecil dan berangsur-angsur membesar. Dengan tahap ini, kamu bisa menikmati sebuah proses penting. Click To Tweet

Tidak Membuang-Buang Waktu

Dengan pemilihan kata kunci yang tepat, serta tertarget dengan produk yang kamu jual, Maka kamu tidak membuang-buang waktu yang berharga.

Saat ini, banyak para pemain SEO di search engine yang membuang-buang waktu, uang dan tenaga. Proses pemilihan kata kunci yang kurang tepat dan hanya memberikan impact yang kecil bagi bisnisnya.

Selain menggunakan Google Keyword Planner, kamu bisa menggunakan Tools Ubersuggest untuk mencari kata kunci turunan yang tepat. Namun kamu perlu memastikannya menggunakan Keyword Planner sebelum memutuskan menggunakan kata kunci tersebut.

Leave a Comment