Panduan Lengkap Cara Menulis Artikel Viral Tanpa Iklan [Studi Kasus]

Artikel Viral bekalangan ini sangat diminati berbagai situs-situs besar. Seperti media-media Indonesia, pemula bahkan untuk branded content, jenis pemasaran ini memiliki dampak yang signifikan untuk mendongkrak trafik sebuah situs website. Pada dasarnya, membuat tipe konten seperti ini tidaklah sulit. Kamu hanya perlu membuat sebuah artikel yang “Nyambung” dengan audience yang akan kamu capai.

reshare - Panduan Lengkap Cara Menulis Artikel Viral Tanpa Iklan [Studi Kasus]

Skema Reshare di Social Media

Trial dan Eror sangat penting disini. Kamu harus memahami audience di website maupun di social media kamu. Kamu juga harus tau kapan waktu menulis yang tepat dan men-share artikel yang kamu buat tersebut agar tepat waktu di social media kamu atau di fans page kamu.

Menulis artikel viral dengan mudah dapat dengan memanfaatkan tingkat emosi audience kamu. Baik itu emosi positif maupun emosi yang negatif. Karena disinilah, Kunci utamanya. Seseorang pengguna atau pun pembaca akan membagikan dengan suka rela postingan kamu ketika ‘emosinya‘ naik. Baik itu positif vs negatif.

50%
Off
Coupon
Niagahoster Diskon
Diskon 50% Beli Hosting di Niagahoster. Gratis SSL + Domain Selamanya! More Less

Apa saja yang harus kamu tau jika ingin membuat artikel viral? Berikut ini panduan lengkap bagaimana cara membuat artikel viral berdasarkan studi kasus penulis.

1. Clickable-Headlines

Judul merupakan kunci utama dari kesuksesan sebuah artikel. Minat pembaca akan tergerak dengan hanya membaca judul sebuah artikel. Beberapa kasus yang sering kita perhatikan digunakan oleh beberapa situs berita online seperti tribunnews, idntimes, hipwee dan banyak lagi.

title artikel viral - Panduan Lengkap Cara Menulis Artikel Viral Tanpa Iklan [Studi Kasus]

Title Artikel Viral Dengan jumlah share 11k. [Studi Kasus]

Buatlah judul semenarik mungkin. Dan pastikan pula judul tersebut telah mewakili isi dari konten yang akan kamu buat. Foto diatas merupakan salah satu contoh judul artikel viral yang memiliki jumlah share lebih dari 11 ribu kali share di sosial media. Dari judul diatas, kita bisa bedah kata-katanya yang dijadikan judul oleh si penulis.
  • Foto-Foto – Merupakan Penekanan untuk isi konten yang di tulis
  • Aku – Penekanan akan pengalaman si penulis
  • Kangen – Penekanan situasi (Emosi Positif)
  • Masa Kecil & Enggak Bakal Terulang – Penekanan untuk waktu tertentu yang dialami penulis & juga audience
  • Kamu – Kata Yang Digunakan untuk membangkitkan rasa penasaran pembaca (audience)

Tips Membuat Judul Artikel Viral

  • Buatlah judul semenarik mungkin
  • Buatlah Judul dengan singkat, padat & tepat
  • Setidaknya judul harus mewakili isi konten artikel

2. Bangkitkan Emosi Pembaca. Positif vs Negatif

Pada dasarnya, pada bagian pertama, hal ini sudah terwakili. Namun akan kita bahas lebih dalam bagaimana cara membangkitkan emosi pembaca kamu. Namun kamu juga harus tau, di segmen mana emosi yang akan kamu bangun. Tergantung dari jenis tulisan yang ingin kamu buat.

Teknik menulis viral menjadi salah satu pamungkas di branded content. Click To Tweet

Biasanya, Di situs-situs berita, lebih gampang membangkitkan emosi negatif si pembaca. Maka tak heran jika ada slogan pada jurnalis “Bad news is good news, Good News is bad news”. Kebayakan berita buruk merupakan berita baik bagi para jurnalis. Apa lagi, berita tersebut tentang keburukan sebuah tokoh nasional yang memiliki pendukung yang luas. Akan lebih mudah membangun emosi pembacanya.

Pada studi kasus di foto diatas, Penulis membangkitkan emosi positif audience yang mungkin mereka juga alami. Dengan terbangunnya rasa emosi si pembaca, Maka ia akan dengan suka rela membagikan tulisan anda di sosial media.

Baca: Belajar Internet Marketing Lengkap

3. Buat Rasa Penasaran si Pembaca

Membangun rasa penasaran si pembaca bisa kamu ciptakan di judul artikel yang akan kamu buat. Dengan membuat rasa penasaran yang tepat, Kamu akan membantu menggaet pembaca dengan mudah. Rasa penasaran tersebut bisa kamu ciptakan dari minat seseorang. berguna atau tidaknya artikel yang kamu buat untuk audience kamu juga sangat mempengaruhinya.

title artikel viral bag 2 - Panduan Lengkap Cara Menulis Artikel Viral Tanpa Iklan [Studi Kasus]

Title Artikel viral Bag 2. Membangkitkan Rasa Penasaran Pembaca

Dari title diatas, kita bisa membedah bagaimana si penulis membangun rasa penasaran pembacanya.

  • Modal Niat & Pipa – Menandakan sebuah action
  • Kreasi Unik – Sesuatu yang wah dan beda
  • Rumahmu – Rumah si pembaca
  • Bewarna – Sebuah hal yang berbeda dari biasanya di rumah si pembaca

Dengan penekanan membuat sesuatu yang berbeda pada rumah si pembaca dengan modal yang dinilai cukup simple, penulis bisa membangkitkan emosi positif dan membangkitkan rasa penasaran si pembacanya. Bagaimana menurut kamu?

4. Perbanyak Postingan

Seperti yang ditekankan diawal artikel, Trial dan eror sangat di perlukan disini. Memperbanyak porsi postingan mendapatkan kesempatan lebih besar untuk salah satu tulisan kamu viral. Jangan hanya mengandalkan 3 atau 5 postingan dalam sehari. Usahakan membuat postingan 10-15 artikel dalam sehari.

5. Buat Konten Visual & Interaktif

Era saat ini, Kebayakan orang sudah bosan membaca tulisan yang padat. Mereka lebih menyukai postingan foto atau video yang interaktif tanpa harus jenuh membaca sebuah postingan yang padat dan panjang.

konten visual artikel viral - Panduan Lengkap Cara Menulis Artikel Viral Tanpa Iklan [Studi Kasus]

Konten foto di artikel viral.

Perhatikan studi kasus foto diatas. Hanya dengan memanfaatkan satu foto dan beberapa kalimat di bawahnya, Tulisan tersebut bisa viral dengan share lebih dari 11 ribu kali dibagikan.

6. Timing & Audience Yang Tepat

Seperti diawal, Kamu harus tau kapan kamu harus membuat artikel dan membagikannya ke sosial media kamu. Artinya, kamu harus mempelajari kapan timing atau waktu yang tepat membuat sebuah artikel. Hal ini tergantung dikategori mana audience kamu. Apakah anak muda, dewasa, orang tua, atau yang lainnya. Juga pelajari minat mereka.

Posting & Ulangi.

Untuk mempelajari kapan timing waktu yang tepat, kamu harus mempelajarinya dari postingan sebelumnya. Apakah timing waktu kamu tepat atau tidak. Masuk – Istirahat – Pulang. Artinya, audience kamu juga memiliki waktu yang paling besar kapan di sebuah website kamu waktu yang paling ramai dikunjungi.

Ga Kalah Penting: Membuat Website AMP

7. Perbanyak Follower

Artikel akan susah viral jika follower atau audience kamu sedikit. Semakin banyak follower di facebook, twitter maupun instagram atau sosial media lainnya, Semakin besar pula kemungkinan artikel kamu akan cepat viral.

Bagaimana? Kamu bisa mencoba memulai membuat artikel viral dengan teknik-tenik diatas. Beberapa studi kasus yang kami lakukan dapat membuat artikel viral tanpa iklan. Jika anda ingin menambahkan, silahkan komentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *