Bagaimana Saya & Tim Growth +3x Lipat, Dengan Hanya 4 Orang Tim dan Kondisi Pasar Yang “Mustahil” Meningkatkan Growth di Bulan Puasa

Meningkatkan penjualan sebuah perusahaan bukanlah perkara yang mudah. Apa lagi kamu yang berada di posisi Direktur Penjualan, Manager Marketing, SPV atau posisi-posisi strategis yang kamu duduki tersebut mengharuskan kamu untuk memutar otak dalam-dalam. Apa lagi, perusahaan tersebut masih sangat baru, yang pastinya belum sama sekali dikenal oleh orang banyak. Disinilah peran strategismu di uji.

Bekerja di Perusahaan Baru

Ceritanya, sejak bulan Februari 2019 lalu, saya kembali keluar dari “zona nyaman”. Dengan alasan pribadi, saya “mengiyakan” tawaran dari salah satu perusahaan baru di kota Medan. Bukan cuma alasan pribadi, nah intinya saya tertantang untuk mau bergabung dengan perusahaan tersebut. Yang kebetulan, Jenis Usahanya sama sekali belum pernah saya tangani di Digital Marketing. (Bukan coba-coba ya hehe).

Sejak bulan 2 (Belum beroprasi), saya membantu membangun sistem yang kompleks. Intinya, Usaha tersebut harus DIGITALISASI. Ya! Semua sistem diperusahaan tersebut terintegrasi di Digital! Wah bukan?

Di kota Medan sendiri, masih sangat jarang perusahaan yang membangun sistem Digitalisasi secara menyeluruh. Selain perusahaan saya sebelumnya, Ini perusahaan kedua yang saya tau menggunakan sistem digital secara menyeluruh.

Singkat cerita, Perusahan tersebut mulai buka pada bulan maret dan resmi Grand Opening di bulan April. Pertumbuhan di bulan maret dan April memang cukup signifikan. dan di bulan Mei awal, Saya ditantang oleh direktur dan di beri target 3x lipat dari bulan April.

Walau pun, saya tau, Direktur sendiri menyadari akan terjadi penurunan pendapatkan di bulan puasa karena jenis layanan utama tersebut memang “bertabrakan” dengan bulan puasa. Yang memang sama sekali tidak memungkinkan untuk growth.

Belum lagi jenis jasa yang belum “fix” karena alasan perijinan dari pemerintah setempat yang belum selesai dan lagi devisi yang menangani jasa tersebut belum masuk untuk kerja.

Ah, saya harus benar-benar memutar otak kali ini. Singkatnya, Ini yang saya lakukan untuk mencapai target tersebut. Apa lagi, waktu itu domain perusahaan sudah lama di beli dan PARAHNYA, Domain tersebut kena Pinalti Google! Komplit penderitaan gue whahaha.

Rekrut Tim Lama

Satu hal yang saya pelajari dari pengalaman dalam membangun sebuah perusahaan yang kuat, SDM! Ya, SDM yang baik adalah kunci utama keberhasilannya. Sebaik apa pun teknik yang kamu punya, jika SDM kamu “Amburadul” maka tidak akan ada artinya.

Saya ijin khusus kepada Direktur agar saya sendiri yang memilih tim saya, Yey! Disetujui dan akhirnya, saya mengajak 2 orang tim saya di perusahaan untuk ikut bergabung membantu saya.

Satunya Senior Content Writter/Editor yang sudah lama bergabung dengan saya dan satunya merupakan Desain Grafis/Video Editing & Bisa Fotografi juga. Intinya, Saya merekrut orang-orang yang “Multi Talent” yang pastinya sudah paham dan sejalan dengan cara kerja saya.

Waktu itu, saya cuma kekurangan satu orang tim untuk marketing yang berhadapan langsung dengan konsumen untuk menerima/menjawab telfon dari konsumen.

Beruntungnya, saya juga dapat orang yang tepat. Hahaha. Lucunya, Kami selalu tertawa ketika iya menerima/menjawab telfon dari konsumen dengan “gaya khas marketingnya” yang tak saya ragukan lagi.

Nah, genap sudah kami berjumlah 4 orang. Ini adalah alur bagaimana saya dan tim terbentuk. Walau pun waktu itu, tim marketing lapangan kami belum ada sama sekali. (Proses rekrut).

Tips Dalam Merekrut Tim

Bagian terpenting dalam perusahaan adalah budaya “team work” yang harus kamu bangun.

  • Carilah tim yang dapat bekerja secara tim work.
  • Cari yang benar bisa, Buka sekedar bisa.
  • Ijazah bukan yang utama, Pengalamanlah yang utama.

Sebelum Berjalan, Pikirkan Dengan Baik Jalan Mana Yang Ingin Kamu Tempuh

Saya selalu memegang filosofi sederhana ini. Intinya, strategi mana yang harus saya jalani, apa tujuannya, bagaimana jalannya harus benar-benar saya pelajari. Untuk mendapatkan hal itu, terkadang, kami Meeting sampai 3 kali dalam satu hari dengan tim. Bayangkan, Waktu habis hanya untuk tukar pikiran. Oh ya, tentunya tukar pikiran yang bermanfaat ya 😉

Selama koridor waktu yang terbuang kamu gunakan untuk hal yang baik di pekerjaan, it’s good. Walau terkadang, tak jarang kita berdebat untuk meluruskan sebuah masalah di strategi pekerjaan.

Budaya ini selalu saya gunakan dari dulu.

Intinya, bukan karena kamu bertanya, kamu tidak tau jawabannya. Tapi sering sekali saya memastikan jawabannya dengan bertanya. Click To Tweet

Dengan tim yang ada, Saya memutuskan untuk lebih fokus ke Pemasaran Digital namun tetap berjalan di Pemasaran Offline dengan teknikal pekerjaan yang telah kami sepakati.

Tips di tahap Ini.

  • Lakukan komunikasi secara masif dengan tim
  • Jangan pernah gengsi untuk tukar pikiran walau pun kamu berbicara dengan bawahanmu!

Teknikal Digital Marketing Yang Kami Lakukan

Sebagai pelengkap cerita ini, berikut ini teknikal digital marketing yang kami lakukan sehingga target tersebut tercapai. Sebenarnya saya Sudah membahas ini sebelumnya, Baca: 8 Tips Pemasaran Digital Untuk Perusahaan di 2019

  • Memperbaikin Website perusahaan dengan teknikal (On Page SEO) yang pernah dibahas sebelumnya.
  • Melakukan optimasi Off Page SEO untuk mencapai target penelusuran organik.
  • Menggunakan Local SEO untuk mendominasi penelusuran organik di lokasi yang ditargetkan.
  • Membuat banyak Website Dummy yang berkualitas dan membangun link pyramid ke website utama.
  • Menjalankan Promosi berbayar seperti Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads & Youtube Ads (Retargeting Ads). Dalam hal ini, saya lebih merekomendasikan Adwords untuk mendapatkan pelanggan baru dan tetap menggunakan Ads di Sosial media untuk melakukan Branding.
  • Produksi High Quality Konten di website. Baca: Cara Membuat Konten Berkualitas
  • Produksi Konten Desain/Video untuk Sosial Media, Youtube dan Website. Baca: Optimasi Hastag Instagram
  • Menggunakan SMS Targeted via Telkomsel
  • Mengumpulkan dan Mengelolah Database Email yang kami dapatkan dari website.
  • Menggunakan Tools WhatsApp Blast untuk mendapatkan no whatsapp calon kostumer potensial dan mengirimkan konten untuk Pelanggan & Calon Pelanggan. (Kami menggunakan Tools dari Sender.id)
  • DLL

Teknikal Pemasaran Offiline Yang Kami Lakukan

Untuk tetap membantu pemasaran digital, Pemasaran offline juga kami lakukan untuk melakukan branding sekaligus mendapatkan kostumer baru disekitar lokasi potensial yang kami targetkan untuk meningkatkan kunjungan kostumer.

  • Sebar Brosur Online/Offline
  • Kerja sama dengan berbagai perusahaan/Instansi terkait. Dibulan ini, setidaknya kami telah mencapai kesepakatan dengan salah satu perusahaan teknologi yang besar. (Qlue: Biru adalah warna dominan perusahaan tersebut. 😀 ) dan beberapa instansi terkait.
  • Follow Up kembali calon kostumer lama yang belum deal.
  • Cross Selling (Menawarkan Produk lain ketika konsumen berkunjung)
  • Selain itu, kami juga bekerja sama dengan Devisi lain yang menangani langsung kunjungan pasien untuk meningkatkan layanan.
  • DLL.

Hasil Akhir

GA - Bagaimana Saya & Tim Growth +3x Lipat, Dengan Hanya 4 Orang Tim dan Kondisi Pasar Yang "Mustahil" Meningkatkan Growth di Bulan Puasa
Marketing Website Summary Data From Google Analytics. Mei 2019

Hasil akhir pada bulan mei kami adalah +3x Lipat dari bulan sebelumnya. (Mohon maaf, angka dan perusahaannya enggak di publikasi ya hehe). Kenapa ada +3x? Yups, Karena target melebih batas!. Hampir 3,5x Lipat total pendapatan perusahaan di bulan sebelumnya.

Diatas adalah data Analis website perusahaan tersebut yang mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya hingga 65% user baru.

Nah, semoga pengalaman yang saya bagikan ini bisa bermanfaat ya buat kamu. dan jadi motivasi positif untuk mu. 😉

Loading...

2 thoughts on “Bagaimana Saya & Tim Growth +3x Lipat, Dengan Hanya 4 Orang Tim dan Kondisi Pasar Yang “Mustahil” Meningkatkan Growth di Bulan Puasa”

  1. Hi..saya seorang sales executive untuk penjualan mesin-mesin perkantoran, saya Sangat kagum dengan artikel -artikel yang kalian buat, semoga di lain kesempatan kita bisa bekerjasama dalam hal meningkatkan penjualan saya.

Leave a Comment