Tips Dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagi Pemula

Untuk mendapatkan backlink berkualitas, sejatinya tidak begitu membutuhkan modal yang besar. Seperti kata banyak praktisi seo, “cari backlink susah-susah gampang”. Yap, mencari atau membuilding backlink untuk situs utama kita perlu ketekunan, rajin dan sabar. Sebab, tidak semua backlink yang kamu lihat berkualitas baik bagi situs utamamu. Bisa jadi malah semakin membuat posisi website kamu drop di SERP.

Oh ya gaes, biar artikel ini semakin lengkap dari tulisan-tulisan sebelumnya, bagi kamu yang belum tau Apa Itu Backlink, kamu bisa membaca artikel kita sebelumnya yang membahas secara tuntas Apa itu Backlink dan manfaatnya bagi situs kita.

Pengalaman pribadi penulis, saya tidak terlalu memilah-milah backlink untuk money site atau situs utama. Namun demikian, saya sendiri memiliki unsur-unsur atau standart awal yang bisa menjadi patokan kamu jika tidak ingin terlalu repot untuk melakukannya.

Tips Membangun Backlink Berkualitas

Untuk membangun backlink yang berkualitas baik, kamu perlu cermat nih untuk mencarinya dan membangunnya. Nah, Untuk membangun sebuah backlink yang kuat, alami dan tahan lama, kamu bisa coba terapin nih beberapa tips dibawah ini.

Cari Backlink Yang Relavan

Banyak praktisi seo yang sejatinya salah langkah untuk mencari backlink bagi situsnya. Mau dimana pun, yang penting bisa di spam. Akirnya, spam skor situsnya naik dratis ketika update. Namun, berdasarkan pengalaman penulis. 20-30 situs yang tidak relavan dengan niche situs kita akan lebih berguna dengan menggunakan 1 backlink dari situs yang relavan dan memiliki PA DA yang lumayan bagus.

Sampai disini paham kan?

Intinya, bukan karena banyaknya backlink yang kamu tanam. Tapi seberapa relavan dan seberapa baik backlink tersebut akan membuat situs kamu makin kokoh di search engine.

Contohnya..?

Kamu memiliki situs teknologi atau website yang membahas tentang teknologi, lalu kamu berkunjung ke situs yang membahas life style dan meninggalkan komentar disana beserta link aktif.

Bagaimana nilainya?

Contoh kasus diatas adalah contoh kasus backlink yang tidak relavan. Namun tetap di hitung nilainya oleh Google. Usahakan menari situs sejenis dengan situsmu agar tingkat relavansi backlink yang diberikan tinggi dan berdampak baik bagi situs kamu.

Gunakan Variasi Anchor Text/Keyword

Ditahap ini, penulis mengansumsi bahwa pembaca telah paham tentang Ancor Text/Keyword. Jika belum, kamu bisa membaca artikel sebelumnya tentang bagaimana Cara Riset Keyword yang baik bagi situs kamu.

Menggunakan variasi anchor text saat menanam backlink di banyak situs selain membuat banyak keyword yang kamu bidik naik, ini juga biasanya akan mengurangi indikasi spam oleh robot google. Banyangin, jika 1.000 ancor text yang sama di tanam? Spam? Yes!. Maka dari itu, biasanya menggunakan anchor text yang beragam.

Apa Contohnya?

Jika kamu memiliki situs tentang kesehatan, Maka kamu akan lebih mudah membuat anchor text yang beragam atau menargetkan banyak kata kunci yang bisa mendatangkan traffik organik bagi situsmu.

Misalnya. Pola Hidup Sehat, Portal Kesehatan, Situs Kesehatan, Tips Kesehatan dan lain sebagainya.

Nah, usahain nih keyword-keyword atau kata kunci utama tersebut diganti-ganti saat tanam link di anchor text nya. Paham kan?

PA & DA Yang Baik

Kenapa yang baik? Karena untuk mencari PA & DA yang tinggi, pasti akan susah dan membutuhkan modal. Tidak gratis tentunya. Makanya, ga perlu nih ngejar yang tinggi-tinggi. Asal memiliki PA & DA yang baik, udah bisa kok hehe.

Oh ya, sekedar informasi PA & DA adalah singkatan dari Page Authority & Domain Authority. PA & DA akan kita bahas pada postingan selanjutnya. Namun secara singkat, PA & DA ini merupakan sebuah nilai yang diberikan oleh MOZ SEO untuk memberikan skor bagi situs url diseluruh dunia. Semakin tinggi skornya, semakin baik pula popularitasnya.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Setidaknya, bagi kamu para pemula dalam SEO, Jika ketiga tips untuk mendapatkan backlink atau faktor dalam mendapatkan backlink diatas kamu terapkan, maka saya menjamin hasilnya juga sudah cukup baik. Tinggal bagaimana kamu atau dimana kamu akan menanam backlink tersebut.

cara mendapatkan backlink berkualitas 1280x720 1 1024x576 - Tips Dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagi Pemula
Skema Backlink. Sumber: Centerklik.com

Nah berikut ini beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk menanam backlink berkualitas tersebut. Selain mudah digunakan, yang paling penting tentunya gratis hehe 🙂

Forum Profile

Istilah backlink dari forum profile ini sudah sangat familiar untuk kalangan praktisi seo. Kamu bisa menggunakan forum-forum terkenal yang dipastikan telah memiliki PA & DA yang tinggi untuk mendapatkan backlink.

Biasanya, saat kamu registrasi di sebuah platform forum, kamu akan diminta masukkan alamat url situs atau blog sebagai informasi tambahan pelengkap profil kamu di forum tersebut.

Blog 2.0

Kamu bisa memanfaatkan blog 2.0 untuk membangun blog dummy backlink bagi situs utama kamu. Cara ini sampai saat ini cukup ampuh untuk menaikkan posisi kata kuncimu di Google.

Kamu bisa mencari daftar blog 2.0 yang sudah banyak di share di Google. Beberapa diantaranya adalah Blogspot, WordPress.com, Tumblr dan banyak lagi yang bisa kamu gunakan.

Pernah dengar istilah paid review? cara ini merupakan cara berbayar namun demikian, kamu bisa memilah mana situs yang paling baik yang akan kamu mintain review.

Untuk rata-rata blog yang baik bisa kamu gunakan untuk mereview situs kamu biasanya dikisaran harga mulai 80.000 keatas. Nah Usahakan tidak berlebihan menanam link dengan banyak anchor text dalam satu pos.

Itulah beberapa tips dasar bagi kamu para pemula bagaimana cara mendapatkan link berkualitas atau cara menanam backlink berkualitas bagi situs kamu. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment