Cara Membuat Website Dengan CMS WordPress Paling Mudah

WordPress merupakan salah satu platform website atau CMS website yang paling populer. Banyak sekali kelebihan WordPress sebagai CMS website. Banyaknya developer yang membuat plugins maupun themes untuk CMS ini menjadi salah satu pilihan. Bukan itu saja, WordPress juga salah satu platform yang paling rutin untuk melakukan update. Baik itu perbaikan system, bug, desain dan sebagainya.

Oleh karena itu, Tak heran jika CMS WordPress dipakai banyak orang di seluruh dunia untuk website mereka. Di Indonesia, banyak sekali orang yang Membuat Website dengan WordPress baik itu blogging, berita, toko online maupun perusahaan.

Nah disini, kita akan membahas bagaimana cara membuat website dari wordpress. Dari awal hingga penggunaan plugins maupun themes yang akan di pakai di website tersebut.

Yuk, Ikuti step by step caranya..

1. Instalasi WordPress di Cpanel

Tahap pertama untuk membuat website wordpress adalah melakukan instalasi CMS WordPress di Cpanel kamu. Untuk melakukan instalasi ini, biasanya akan memakan waktu sekitar 5 menit. Nah, sebelumnya, kita juga sudah membahas bagaimana melakukan instalasinya.

Baca Step By Step Cara Menginstal WordPress Di Cpanel Menggunakan Softaculous Dan Manual

Nah, jika sudah selesai lanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Instalasi Themes WordPress

Ditahap ini, sebaiknya sebelum membuat website, pastikan terlebih dahulu kamu telah menentukan apa jenis website kamu. Agar nantinya, themes yang kamu gunakan tidaklah salah. Misalnya hanya sekedar blogging, membuat website bisnis atau perusahaan.

Oh ya, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menginstal themes wordpress kamu. Bisa dengan cara manual melalui WP Admin maupun melalui file manager di Cpanel.

Kedua cara tersebut sudah di bahas pada postingan Cara Upload Themes WordPress Manual Dan Di Cpanel

Nah, sebagai rekomendasi untuk kamu, kamu bisa melihat beberapa koleksi Themes WordPress yang pernah di post di website ini.

3. Instalasi Plugins WordPress

Selanjutnya adalah menginstal plugins wordpress. Plugins dapat membantu kamu untuk membuat website wordpress berfungsi lebih baik. Misalnya plugins cache untuk mempercepat loading website, plugin WP Smush untuk memperingan kapasitas foto/gambar, Plugins all in one seo pack untuk keperluan SEO, plugin sosial media dan plugins lainnya.

Nah, untuk menginstal plugins, Baca step by step Panduan Dan Cara Install Plugin WordPress Dengan Mudah.

Oh ya, gunakan plugins wordpress seperlunya saja. Penggunaan plugins yang terlalu banyak bisa membuat website menjadi lambat ketika diakses karena terlalu besar beban yang di load.

4. Melakukan Setting di WordPress Dashboard

Pada dasarnya, hal ini hanya settingan sederhana saja. Misalnya melakukan settingan permalink di postingan yang dianjurkan. Untuk melakukan settingan permalink, kamu bisa membaca panduan lengkap Cara Mengatur Struktur URL Untuk Website WordPress.

Nah, untuk melakukannya kamu bisa masuk ke bagian Settings. Mulailah dari bagian General. Isi sesuai dengan kebutuhan website yang ingin kamu buat.

5. Membuat Postingan Baru di WordPress

Nah tahap selanjutnya adalah bagaimana cara kamu untuk membuat postingan di website wordpress yang telah kamu buat tadi. Dipostingan sebelumnya, kita juga sudah membahas bagaimana cara membuat postingan baru tersebut.

Silahkan ikuti Step by step Cara Membuat Postingan Baru di WordPress.

Silahkan membuat konten yang baik di website kamu agar pengunjung juga betah berada di dalam website kamu. tentunya dengan konten yang baik, Baik itu Robot Google maupun manusia akan senang membacanya.

6. Tambahan Pendukung

Sebagai tambahan untuk kamu, Memasang CloudFlare di WordPress kamu bisa menjadi pilihan yang baik untuk membuat situs kamu lebih cepat ketika di akses oleh pengunjung.

Selain itu, Memasang AMP Untuk WordPress Versi Mobile akan membuat situs kamu jauh lebih cepat ketika diakses pengunjung melalui perangkat mobile. AMP juga sangat disarankan oleh Google dan akan diutamakan di hasil SERP.

Itulah Cara Bagaimana Membuat Website dengan CMS WordPress dengan mudah. Silahkan ikuti panduan diatas untuk membuatnya. Artikel ini akan terus di update seiring adanya tambahan dari penulis.

Leave a Comment