3 Cara Membangun Database Email Dengan Mudah Untuk Email Marketing

Email Marketing telah menjadi trend pemasaran yang sangat digemari oleh banyak kalangan pebisnis online. Pendekatan secara personal serta informasi yang diberikan langsung kepada email pelanggan memang sangat tepat. Apa lagi, Jika hal tersebut sesuai dengan minat si penerima email.

Misalnya. Jika kamu berkunjung ke situs The Next Marketers, Maka akan ada pop-up email yang kami buat untuk anda jika ingin berlangganan artikel-artikel dari situs ini.

Jika kamu berlangganan, maka akan terekam data apa yang telah kamu baca sehingga kamu berlangganan artikel. Misalnya saja ketika kamu membaca tentang SEO, lalu kamu melakukan langganan email setelah hal tersebut. maka secara otomatis, kamu akan menerima email setiap kali ada informasi SEO terbaru dari situs ini. Dengan demikian, artikel-artikel berlangganan yang kamu terima akan relavan untuk yang kamu harapkan.

Baca: 8 Tahap Cara Menulis Artikel Yang Baik Agar Masuk Peringkat 1 di Google

Banyak cara untuk membangun database email untuk memaksimalkan marketing. Terutama jika kamu Membuat Toko Online dan kamu wajib untuk mengumpulkan semua data-data pelanggan kamu. Tujuannya untuk memberitahukan apa yang baru di situs kamu.

Masalahnya adalah, Sering sekali para pemula kebingungan bagaimana mereka harus memulai mengumpulkan data-data pelanggan? Dengan tidak memiliki basik mumpuni, Mereka kadang membiarkan saja data-data pelanggan tersebut hilang.

Nah, Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan data-data pelangganmu sebagai bagian dari membangun database email marketing. Apa saja? Berikut ini.

1. Marketing Hub

hubspot logo - 3 Cara Membangun Database Email Dengan Mudah Untuk Email Marketing
Hubspot Logo

Email Marketing dari Hubspot ini bisa kamu manfaatkan secara gratis untuk mengumpulkan database email pelanggan kamu. Kami, juga menggunakan layanan ini secara gratis dan mudah untuk dikelolah.

Kamu juga bisa mencoba layanan premium dengan fitur yang lebih baik tentunya. Namun, kamu harus menyediakan anggaran sebesar $200 setiap bulannya untuk bersih yang berbayar.

Namun jika kamu hanya ingin mengumpulkan data, kami sarankan untuk menggunakan versi gratisan. Tools ini juga bisa di integrasikan ke CMS WordPress untuk memudahkan kamu dalam proses instalasinya.

2. Kirim.Email

kirim email 1024x536 - 3 Cara Membangun Database Email Dengan Mudah Untuk Email Marketing
kirim email

Layanan Kirim.email merupakan layanan email marketing milik orang Indonesia. Layanan ini sangat powerfull. Apa lagi, kami sendiri menggunakan layanan ini untuk memberikan informasi untuk anda yang berlangganan artikel.

Banyak fitur yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan layanan email marketing ini. Salah satunya adalah Email Builder.

Namun untuk membangun database email dengan kirim.email, kamu harus membeli paket yang disediakan. Cukup dengan 99 ribu rupiah setiap bulannya, Kamu bisa membangun database email dan mengirimkan email ke 1.000 email selama sebulan.

3. Menggunakan Plugins WordPress

mailchip - 3 Cara Membangun Database Email Dengan Mudah Untuk Email Marketing
Mail Chimp

Jika kamu pengguna wordpress, untuk membangun database email tidaklah sulit. Banyak plugins yang tersedia di direktori yang bisa kamu gunakan untuk membangun database email tersebut.

Salah satunya adalah menggunakan plugins MailChimp for WordPress. Plugins dan layanan dari MailChimp hampir sama dengan Marketing Hub pertama kita bahas. masih sama-sama gratis dengan jumlah tertentu.

Beberapa plugins lain yang dapat kamu integrasikan dengan plugins yang satu ini antara lain sebagai berikut.

  • Default WordPress Comment Form
  • Default WordPress Registration Form
  • Contact Form 7
  • WooCommerce
  • Gravity Forms
  • Ninja Forms 3
  • WPForms
  • BuddyPress
  • MemberPress
  • Events Manager
  • Easy Digital Downloads

Selain itu, masih banyak plugins wordpress yang bisa kamu gunakan. Perlu untuk kamu pelajari Bagaimana Cara Install Plugins di wordpress. Pada postingan selanjutnya, kita akan membahas bagaimana memanfaatkan database email yang kamu miliki menjadi royal buyer. Dengan mengirimkan informasi setiap kali ada sesuatu hal yang ingin kamu sampaikan kepada orang yang berlangganan di situs kamu.

Leave a Comment