Cara Addon Domain di Cpanel Dengan Mudah

Saat ini, memiliki satu web bukan lagi menjadi pilihan terbaik bagi para pelaku bisnis atau blogger yang menggantungkan pendapatannya dari earning PPC. Bahkan, ada beberapa orang yang memiliki ribuan domain untuk di optimasi guna mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Nah, disinilah banyak pemula yang terjebak. Sehingga mereka mempertanyakan:

Kalau harus punya banyak domain, Harus punya banyak hosting donk?

Jawabannya: TIDAK

Kamu tidak harus memiliki banyak hosting jika ingin membuat banyak website guna menghemat keuanganmu. Biasanya, di beberapa penyedia hosting, kamu bahkan diperbolehkan menambahkan banyak domain di satu hosting yang kamu beli. Nah, disinilah guna cara membuat 2 domain dalam 1 hosting atau bahkan 100 domain yang ingin kamu tambahkan dalam 1 hosting.

Bagaimana Caranya Addon Domain Lain Ke Hosting ?

Caranya sebenarnya cukup mudah dan simple untuk menambahkan domain baru di hosting kita. Kamu hanya perlu mengikuti cara singkat dibawah ini untuk mengetahuinya.

  • Untuk Addon Domain, Loginlah seperti biasa ke cpanel kamu. Caranya baca disini.
  • Jika sudah login ke cpanel, Masuklah kebagian domain.
  • Setelah itu, Klik Addon Domain. Lihat contoh gambar.

    addon domain 300x227 - Cara Addon Domain di Cpanel Dengan Mudah

    addon domain

  • Selanjutnya isilah nama domain yang ingin kamu addon di hosting tersebut. Lihat contoh gambar dibawah.
  • Lalu klik Add Domain tombol warna biri seperti gambar diatas.
  • Dan Addon Kamu telah selesai.

Pada tahap ini, kamu tinggal melakukan instalasi ke diriktori domain yang kamu inginkan. Jangan sampai salah diriktori. Seperti menginstall wordpress untuk domain baru tersebut. Sebuah file publik akan di simpan di public_html/namadomainkamu.com dan nama domain diriktori lainnya.

Kelebihan Addon Domain

Fitur addon domain di cpanel hosting memang sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Apa lagi jika ingin memiliki banyak domain namun ingin mengirit biaya pembelian hosting. Addon Domain adalah solusi terbaiknya. Untuk mengatur domain-domain yang diaddon juga tidak sulit. Kamu hanya perlu memilih domain yang ingin kamu setting untuk kebutuhanmu.

Kekurangan/Kelemahan Addon Domain

Walau memiliki kelebihan dari segi penekanan biaya pembelian hosting yang signifikan, Addon Domain juga memiliki kelemahan tersebut yang dapat anda rasakan langsung.

Jika banyak domain anda berada dalam satu hosting dan termaksud website utama anda, maka dapat dipastikan hal tersebut bisa mengganggu kinerja kecepatan maupun loading dari situs utama anda. Sebenarnya juga dapat anda akalin dengan menggunakan Cloudflare untuk meringankan situs anda dari banyak beban.

Tak hanya itu, Menggunakan Addon Domain dengan satu hosting saja tidak begitu berpengatuh besar pada kinerja SEO anda karena memiliki C Class IP yang sama. Seperti kita ketahui, C Class IP juga merupakan salah satu dukungan kuat untuk menaikkan rangking website anda di search engine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *