Apa Itu Reseller? Penjelasan Dan Cara Kerja Reseller

Apa Itu Reseller? Pertanyaan ini sering terlontar dari beberapa komentar yang disematkan oleh pembaca di situs The Next Marketers ini. Hal ini membuktikan bahwa banyak dari antara mereka para pemula yang sama sekali masih awam dengan istilah-istilah dalam penjualan online. Bahkan, banyak diantara mereka yang menyamakan antara Reseller dan juga Dropship. Padahal, keduanya pada dasarnya sama namun berbeda. Untuk lebih lengkap, kamu wajib membaca artikel penjelasan Apa Itu Dropship.

Penjelasan Reseller

Reseller terdiri dari dua kata kunci bahasa inggris. Yaitu Re=Kembali dan Seller=Penjual. Jika diartikan Arti Reseller adalah Penjual Kembali atau Penjual Ulang. Jadi, Reseller adalah Menjual kembali barang atau item kepada konsumen dengan selisih harga yang dapat menguntungkan Reseller. Baca lebih lengkap di Wikipedia.

Cara Kerja Reseller

Pada dasarnya Reseller akan mengambil atau membuat stok barang dari penjual besar atau yang sering kita sebutkan sebagai Distributor atau Supplier. Biasanya, kedua penyetok besar ini membuat harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Nah, disini lah peran Reseller untuk mengambil keuntungan sendiri.

Misalnya..

Jika Distributor menjual 1 lusin pakaian dengan harga 100 ribu, sedangkan harga pasaran adalah 150 ribu. Artinya, Reseller dapat menjual atau mendapatkan selisih harga 50 ribu dari harga distributor. Inilah yang dimaksud dengan keuntungan langsung Reseller.

Keuntungan Lainnya.

Banyak diantara para Distributor atau Supplier besar menawarkan paket member kepada para resellernya. Misalnya jika kamu rutin untuk berbelanja, bisa dipastikan kamu akan mendapatkan komisi atau diskon dari harga asli.

Misalnya..

Harga 1 lusin pakaian 100 ribu. Karena kamu rutin berbelanja sebagai reseller, Kamu berhak mendapatkan potongan harga 5 persen dari distributor. Namun, masing-masing distributor memiliki kebijakan sendiri dalam memberikan diskon kepada resellernya.

Namun demikian, kamu harus mencari distibutor besar untuk mendapatkannya.

Perbedaan Reseller & Dropship

Membedakan keduanya sangatlah mudah. Untuk Reseller kamu diwajibkan untuk stok barang. Artinya, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli atau membuat stok barang yang ingin kamu jual. Kamu bisa membeli barang tersebut dari distributor atau supplier yang kamu kenal.

Sedangkan Dropship sebaliknya, Kamu hanya bermodalkan foto, katalog dan price list atau harga barang untuk menjualnya kepada konsumen. Jadi, kamu tidak harus mengeluarkan modal di depan untuk menjual sebuah barang. Bagaimana caranya kerjanya? Silahkan simak disini.

Nah dari penjelasan diatas, kamu sudah bisa mendapatkan kesimpulan sistem mana yang akan kamu jalankan. Tergantung bagaimana kondisi keuanganmu atau minat kamu. Sekedar informasi, beberapa marketplace besar seperti Tokopedia, Blibli dan lainnya juga menyediakan sistem dropship yang lebih aman.

Jika kamu ingin menjalankan dropsip atau reseller, Kamu bisa mencoba Membuat Toko Online. dan mengoptimalkan penjualan kamu dari tips-tips Digital marketing yang kami berikan.

Salah satu peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk program Reseller & Dropship adalah Pancake Durian Maidanii.

Tambahan!!!

Pingin Jualan Online Tapi Engga Ada Produk? Belum Punya Toko Online? Atau Engga Ada Materi Iklan Facebook Adsnya? Cuma 1,75JT/Tahun, Kamu Bisa Jualan Online Dengan Harga Reseller Dikasih Toko Online Dan Dimasukin Produk2nya. Serta Diajarin Cara Jualannya. Mauuu?? Cuma Ada Disini Loh. Langsung Kontak Di Whatsapp Ya. 081397979917

Leave a Comment