Apa Itu Backlink? – Pengertian, Manfaat & Cara Mendapatkan Backlink

Backlink merupakan salah satu komponen penting dalam SEO. Backlink masuk kategori pada SEO Off Page yang dimana, seorang webmaster atau pemilik situs melakukan serangkaian kegiatan untuk mendapatkan backlink menuju situsnya sendiri. Namun demikian, tidak semua jenis backlink baik untuk situs. Banyak sekali kaidah atau kategori (aturan) backlink yang harus diterapkan sehingga masuk kategori backlink yang baik untuk SEO.

Pengertian Backlink

Menurut Wikipedia, Pranala balik, juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan backlink, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain. Singkatnya, Backlink merupakan sebuah tautan balik (kembali) dari situs A ke situs B.

backlink1 - Apa Itu Backlink? - Pengertian, Manfaat & Cara Mendapatkan Backlink
Ilustrasi Backlink. Sumber: MOZ

Nah, untuk cara membuat sebuah link sejatinya ada beberapa jenis. Banyak webmaster yang membuat backlink menggunakan Anchor text sesuai dengan kata kunci yang diinginkan, ada juga yang tidak menggunakan anchor text sama sekali.

Contoh HTML Link

<a href=”https://thenextmarketer.com”>Belajar Digital Marketing</a> hasilnya: Belajar Digital Marketing.

Diatas merupakan contoh penerapan backlink menggunakan anchor text sesuai dengan kata kunci yang diinginkan berupa kode HTML. Kamu bisa menyesuaikannya dengan link serta anchor text yang kamu inginkan.

Manfaat Backlink

Backlink yang baik, akan memberikan dampak yang signifikan pada hasil SERP pada kata kunci yang kamu targetkan. Misalnya kamu menargetkan kata kunci “Belajar digital marketing”, maka ketika kamu mengetikkan kata kunci tersebut di Google dan kamu telah mendapatkan backlink yang baik untuk situsmu, maka posisi website kamu pada kata kunci tersebut di search engine akan semakin baik.

Namun perlu untuk digaris bawahi, Ini hanya berlaku untuk backlink yang baik. Ada kemungkinan, jika kamu mendapatkan backlink yang buruk, bukan malah mendapatkan posisi yang bagus di SERP, justru akan merusak website kamu sendiri di search engine google.

Bahkan, Google sendiri yang mengatakan bahwa salah satu aspek penilaian terhadap populernya sebuah situs website maupun laman website salah satunya adalah faktor backlink. Namun seperti yang sudah saya sebutkan, Google lebih suka backlink-backlink yang berkualitas.

Faktor Backlink Yang Baik

Sebagai masukan, berikut ini beberapa faktor backlink yang baik untuk kamu gunakan sebagai pemula.

  • Tingkat relavasi yang tinggi dengan situs utama
  • Memiliki PA & DA yang tinggi
  • Tidak berlebihan menggunakan kata kunci pada backlink dalam satu halaman
  • Dan lainnya

Banyak orang yang justru membuang-buang waktunya untuk mendapatkan backlink yang tingkat relavasinya sendiri bertolak belakang. Misalnya situs kamu adala situs tentang teknologi, kamu menanam backlink di situs resep masakan. Nah, inilah yang dikatakan relavasi yang bertolak belakang yang justru dapat merusak.

Cara Mendapatkan Backlink

Mendapatkan backlink yang baik sejatinya tidak mudah. Tidak juga terlalu sulit. Tergantung, backlink jenis apa yang ingin kamu dapatkan. Beberapa agency justru mengeluarkan budget yang cukup besar hanya untuk mendapatkan backlink dari review-review blog yang memiliki relavasi baik dengan situsnya atau advotorial dari situs-situs besar.

Secara sederhana, untuk mendapatkan backlink, kamu bisa mendaftar ke situs-situs yang memungkinkan untuk bergabung. Seperti Forum Kaskus, Forum Detik, Kompasiana, Web 2.0 atau situs sosial seperti Hipwee, Idntimes dan lainnya.

Kamu hanya perlu mendaftar disitus tersebut lalu meninggalkan backlink pada profil atau tulisan yang kamu buat sebagai sumber informasi atau referensi artikelmu.

Loading...

Leave a Comment