5 Tips Memilih Digital Marketing Agency Untuk Mengoptimalkan Usahamu

Saat ini era 4.0 telah dimulai. Pemerintah sendiri terus melakukan realisasi kepada perusahaan-perusahaan, membantu memfasilitasi startup baru, dan pelatihan. Era digitalisasi juga terus berkembang pesat. Besarnya pangsa pasar di digital memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Butuh keseriusan yang total untuk mengembangkan bisnis anda di digital untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Kesempatan ini juga dilihat beberapa perorangan, praktisi atau perusahaan digital marketing sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Maka tidak heran jika saat ini semakin banyak jasa digital marketing yang terus bermunculan.

Diantara banyaknya jasa tersebut, tidak sedikit pula yang gagal mengoptimalkannya. Masing-masing orang atau perusahaan tentu punya aturan sendiri antara mereka dengan client bagaimana jika gagal dalam mengoptimalkannya. Atau, minimal hasilnya “kurang memuaskan”.

Pada dasarnya memilih sebuah digital marketing agency yang baik untuk usaha atau perusahaan kamu adalah pengalaman. Ya, pilihlah yang benar-benar berpengalaman di bidang tersebut.

Jika boleh meminjam kata-kata klien lama penulis ketika iya memutuskan untuk mengkontrak agency saya selama 5 tahun full, berikut ini katanya kepada penulis.

Cara, tips, teori, materi boleh sama, Pengalaman lah yang membedakannya. Click To Tweet

Setelah saya pikir-pikir, bener juga kata nih klien gue hahaha..

Oke, Mari kita lanjut.

Jika bro, sis, punya usaha atau perusahaan yang ingin menyewa atau membeli jasa digital marketing agency untuk mengoptimalkan bisnis di digital, setidaknya 5 hal ini harus di perhatikan.

1. Pengalaman Yang Mumpuni

Ada sedikit cerita, salah satu temen penulis yang juga klien penulis pernah cerita kenapa ia memutuskan untuk memilih agency saya ketika iya pertama kali mencari situs saya di internet. Pertama kali iya lihat adalah “About Us”. Ketika itu iya tertarik dengan profil saya yang telah memulai bergelut di digital marketing sejak tahun 2008 silam.

Lalu saya tanya, kenapa dengan itu?

Iya jawab, jam terbang kamu sudah lumayan.

Saya terdiam dan berpikir hehe.

Inti dari cerita diatas adalah, seseorang yang telah memiliki jam terbang dan telah berpengalaman dalam satu bidang tertentu akan lebih kredibel untuk dipercaya dalam menangani sesuatu. Contohnya ketika perusahaan melakukan rekrut untuk karyawan baru, pastinya mereka ingin mencari yang telah memiliki pengalaman.

Tentunya pengalaman mengajarkan kita bagaimana cara untuk berhasil, bagaimana keluar dari keterpurukan dan solusi yang tepat dari itu semua.

Oh ya, bukan berarti saya mengatakan bahwa orang/agency yang kurang memiliki jam terbang tidak bagus ya…

Baca ya!: Bagaimana Saya & Tim Growth +3x Lipat, Dengan Hanya 4 Orang Tim Dan Kondisi Pasar Yang “Mustahil” Meningkatkan Growth Di Bulan Puasa

2. Perusahaan & Profesional Terpercaya

Kebanyakan perusahaan atau usaha memilih agency yang resmi atau terdaftar di badan hukum untuk menangani bisnis mereka. Namun tidak sedikit juga yang menggunakan jasa profesional perorangan untuk menanganinya.

Kamu bisa memilih mencari informasi tentang perusahaan tersebut, apakah terdaftar atau tidak. Caranya cukup mudah, kamu bisa mengecek melalui situs Ditjen AHU.

Jika kamu memutuskan untuk mencari profesional perorangan, kamu bisa mengecek terlebih dahulu informasi tentang orang tersebut.

Berdasarkan pengalaman, resiko ketika perusahaan atau usaha yang mengalami kegagalan adalah minimnya penanganan resiko terhadap nilai kontrak yang telah dikeluarkan oleh klien kepada perusahaan/perorangan tersebut.

Salah satu cara untuk memperkecil resiko tersebut adalah membuat MoU kontrak antar klient dan perusahaan/perorangan tersebut yang merinci kewajiban masing-masing. Dengan menggunakan ini, baik klien maupun si penyedia jasa akan sama-sama terjaga di mata hukum.

3. Portfolio Yang Real

Portfolio biasanya merupakan hal yang mutlak dibidang ini. Biasanya klien akan menanyakan portfolio perusahaan/profesional digital marketing tersebut. Bisnis apa saja yang pernah ditangani dan bagaimana hasilnya.

Perlu untuk kamu ketahui, beberapa oknum bahkan bisa melakukan “Hal Nakal” untuk mengklabui portfolio mereka. Sejatinya, mereka hanya mengerjakan proyek mereka sendiri dan meletakkannya di portfolio mereka. Ini yang disebut Portfolio tidak real.

Oleh karena itu, bijaklah melakukan cek dan ricek untuk urusan portfolio.

Penting diterapkan: 8 Strategi Digital Marketing 2019 Yang Harus Kamu Terapkan Di Perusahaan Maupun Startup

4. Testimoni atau Referensi Teman

Cara lain ketika kamu memutuskan untuk memilih sebuah digital agency untuk menangani bisnis kamu adalah dengan testimoni yang nyata. Atau setidaknya referensi dari teman yang telah menggunakan jasa tersebut. Karena dengan testimoni atau referensi akan lebih real atau nyata bahwa perusahaan/perorangan tersebut benar-benar bisa membantu usaha atau perusahaan kamu mendapatkan hasil terbaik di digital marketing.

5. Harga Terbaik

Harga yang relavan dengan budget klien biasanya akan dipilih oleh perusahaan/usaha tersebut. Walau beberapa klien lebih mementingkan harga dari pada beberapa opsi diatas yang notabene adalah hal yang salah.

Saat ini, harga untuk membeli/menyewa jasa digital marketing agency termahal biasanya adalah di pulau jawa dan bali. menyusul sumatera. (Berdasarkan pengalaman kami).

Kenapa demikian?

Karena pada dasarnya, perusahaan akan lebih menggunakan local seo untuk mengoptimalkan bisnis mereka. Daerah seperti pulau jawa dan bali adalah dua pulau dengan kompetitor yang cukup berat. hal ini pastinya akan mempengarui harga.

Walau demikian, mintalah harga terbaik yang sesuai dengan budget perusahaan anda.

Nah itulah 5 tips untuk memilih digital agency terbaik bagi perusahaan atau usaha anda. Tentunya kembali kepada anda yang mana yang terbaik yang akan anda pilih sebagai partner untuk mengoptimalkan bisnis anda di digital.

Loading...

Leave a Comment